Sukses

Efek Samping KB Suntik 1 Bulan

07 Dec 2014, 11:46 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat pagi, dokter aku mau tanya dong kenapa ya setelah aku menggunakan KB suntik 1 bulan haidnya itu berkepanjangan sampai 2 bulan aku mengalami menstruasi Bgmn cara mengatasinya dan mengobatinya ya dok? Lalu aku harus menggunakan alat kontrasepsi apa? Terima kasih dok

 

Ibu yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat. Salah satu efek sampingnya memang adalah perdarahan yang tidak teratur.

 

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid.

 

Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda, dengan kondisi yang paling sesuai dengan Anda.

 

Kami sertakan artikel: Keluarga Berencana untuk informasi Anda lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar