Sukses

Gatal dan Alergi

10 Dec 2014, 11:48 WIB
Wanita, 19 tahun.

Asllmkm.w.w. dok, saya mau menanyakan yaa,saya sudah berusia 19th tapi dahulu saya sejak kecil memiliki alergi,dan gatal saya garuk akhirnya menjadi bekas luka yang sampai saat ini membekas dikaki, dan saya ingin menanyakan diagnosa appa, jika pas usia muda, kulit saya mudah sekali merasakan gatal, warna kulit tidak merata, dan kalo sudah infeksi sulit utk disembuhkan, apakah ada terapi atau bagaimana???

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Perlu diketahui bahwa gatal hanya merupakan salah satu gejala dari berbagai macam diagnosa, yang harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung. Gejala alergi macam-macam, bisa berupa kelainan kulit (kemerahan, gatal, bentol, iritasi), sesak napas, keluar lendir dari hidung, dan sebagainya.

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Kendati alergi bersifat genetik, seseorang tetap memiliki risiko alergi sebesar 5-15 persen tanpa mempertimbangkan ada atau tidaknya riwayat alergi pada orangtua penderita. Mengingat banyaknya alergen di luar riwayat keluarga (genetik), hendaknya Anda memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi, seperti jenis makanan, kondisi udara, atau faktor pemicu lainnya.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Sudahkah Anda mengetahui faktor pencetus timbulnya kondisi ini? Apakah Anda sudah pernah melakukan tes alergi?

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mengetahui sebab pasti dan mendapatkan terapi yang sesuai.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter                          

0 Komentar

Belum ada komentar