Sukses

Retinopati Hipertensi; Bisa Sembuh?

11 Apr 2015, 11:21 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok,mau tanya jika kondisi mata penderita retinopati hipertensi bagian mata atas terang dan bagian mata bawahnya gelap,apa munngkin bagian mata yang gelap bisa kembali normal,atau burem? bagaimana cara pemulihannya ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Untuk menjawab pertanyaan Anda, sebelumnya ijinkan kami menjelaskan sekilas mengenai Retinopati Hipertensi.

Retinopati hipertensi merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan kelainan pada vaskuler retina pada penderita dengan peningkatan tekanan darah. Pada keadaan hipertensi, pembuluh darah retina akan mengalami beberapa seri perubahan patofisiologis sebagai respon terhadap peningkatan tekanan darah.

Modifikasi klasifikasi Retinipati Hipertensi oleh American Academy of

Ophtalmology

Stadium      Karakteristik

Stadium 0  Tidak ada perubahan

Stadium I    Penyempitan arteriolar yang hampir tidak terdeteksi

Stadium II   Penyempitan yang jelas dengan kelainan fokal

Stadium III  Stadium II disertai perdarahan retina dan/atau eksudat

Stadium IV  Stadium III disertai papiledem

 

Diagnosis retinopati hipertensi harus ditegakkan berdasarkan wawancara medis secara lengkap dan pemeriksaan fisik. Selain itu pemeriksaan penunjang seperti funduskopi, pemeriksaan visus, pemeriksaan tonometri terutama pada pasien lanjut usia membantu menegakkan diagnosis pasti.

Berikut penatalaksanaan retinopati hipertensi:  

  • Penanganan Hipertensi. Mengobati faktor primer adalah sangat penting jika ditemukan perubahan pada fundus akibat retinopati arterial. Tekanan darah penderita retinopati hipertensi harus diturunkan dibawah 140/90 mmHg. Beberapa studi eksperimental danpercobaan klinik telah menunjukan bahwa tanda-tanda retinopati hipertensi dapat berkurang dengan mengontrol kadar tekanan darah.

  • Penggunaan obat ACE Inhibitor terbukti dapat mengurangi kekeruhan dinding arteri retina. Perubahan pola dan gaya hidup juga harus dilakukan. Pasien dinasehati untuk menurunkan berat badan jika sudah melewati standar berat badan ideal seharusnya.

  • Mengurangi konsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh

  • Membatasi konsumsi alkohol dan garam perlu dibatasi

  • Olahraga teratur 2-3x dokter dalam seminggu.

Retinopati hipertensi dapat kembali menjadi normal jika tekanan darah dapat terus terkontrol, namun Jika telah terjadi perubahan pada fundus akibat arteriosklerosis (penyempitan & pengerasan pembuluh darah), maka kondisi ini tidak dapat diobati lagi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar