Sukses

Efek Samping KB

10 Dec 2014, 10:57 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok saya mau nanya saya baru menikah 3 bulan dari bulan agustus dan saya menunda kehamilan dengan minum pil kb,,3 bulan pertama saya haid secara teratur dengan masa haid nya menjadi pendek.menginjak bulan ke 4 atau bulan november sampe sekarang tgl 6 desember saya belum menstruasi saya sudah mencoba testpeck namun hasilnya negatif,apakah saya hamil atau tidak ya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Perlu diketahui bahwa seluruh metode kontrasepsi yang bersifat hormonal, baik itu suntik, pil, spiral maupun susuk, dapat merubah regulasi hormon di dalam tubuh wanita dan menyebabkan gangguan menstruasi. Biasanya, kondisi perubahan hormon ini diawali dengan perdarahan tidak teratur, terutama pada 3 bulan awal penggunaan alat kontrasepsi. Keluhan seperti flek, menstruasi sedikit atau bahkan tidak menstruasi sama sekali disebabkan karena menipisnya lapisan lendir rahim.

Keseimbangan hormon Anda secara perlahan akan kembali ke titik normal apabila penggunaan kontrasepsi hormonal dihentikan. Biasanya dalam kurun waktu 5 hingga 7 bulan siklus menstruasi akan kembali reguler dan normal dalam hal frekuensi, jumlah maupun siklus.

Untuk kepastian diagnosis, kami sarankan Anda untuk konsultasi ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Pemeriksaan secara menyeluruh, termasuk USG kandungan (jika diperlukan) akan memperjelas ada tidaknya gangguan pada organ reproduksi Anda.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar