Sukses

Kista Ovarium

10 Dec 2014, 10:03 WIB
Wanita, 40 tahun.

pagi dok,begini ibu saya beberapa bulan terakhir sering mengalami nyeri saat haid setelah diperiksakan ke dokter dia didiagnosa kista coklat dan menempel pada indung telur,dokter menyarankan operasi sekaligus dengan pengankatan rahim,apa tidak ada pengobatan lain selain operasi ? terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kista ovarium atau indung telur adalah suatu kantong berisi cairan yang ditemukan pada organ yang bersangkutan. Kondisi ini bukan suatu penyakit yang berbahaya, dan kerap sekali disebut sebagai kista fungsional. Sedikitnya hanya sekitar 4-10% penderita yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Tata laksana kista ovarium ditentukan dari ukuran kista tersebut:

  • Ukuran kurang lebih sama dengan 6 cm

Tidak memerlukan terapi, dan diharapkan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Anda hanya perlu memeriksakan diri ke Dokter setiap 2 bulan sekali untuk mengevaluasi ukuran kista beserta dengan ada tidaknya pertumbuhan kista baru. Pada keadaan tertentu, terkadang Dokter memberikan resep pil hormonal.

  • Ukuran lebih besar dari 6 cm

Kista yang terus membesar dan tidak mengecil setelah 2-3 kali siklus menstruasi dan atau disertai rasa nyeri, perlu membutuhkan tata laksana khusus seperti tindakan operasi.

Berapakah ukuran kista Anda?

Kami sarankan Anda untuk kembali berdiskusi dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar tata laksana terbaik dari kondisi yang ada dapat diperoleh.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar