Sukses

Gigi Susu Tidak Lepas Sampai Remaja

12 Dec 2014, 14:40 WIB
Wanita, 16 tahun.

salam kenal sebelumnya dok saya ingin bertanya. hingga usia saya yang ke-16 dan menjelang 17 ini satu gigi susu saya masih tersisa satu (berada di bagian kanan atas posisi gigi taring). bagaimana dok? apa yang seharusnya saya lakukan. bahkan hingga saat ini pun belum ada tanda-tanda goyang atau akan lepas. terimakasih.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih anda telah menggunakan layanan e - konsultasi

Saya memahami kekhawatiran Anda. Gigi taring tetap rahang atas yang belum erupsi di usia 16 tahun, dan tidak adanya kegoyangan pada gigi taring susunya, dapat menjadi suatu pertanda bahwa posisi gigi tersebut kemungkinan berada dalam posisi yang tidak memungkinkannya untuk tumbuh ke dalam rongga mulut.

Diperlukan pemeriksaan radiografi untuk memastikan di manakah posisi gigi taring tersebut. Terkadang gigi taring berada pada sinus maksilaris, sehingga tidak mungkin tumbuh ke dalam rongga mulut, dan mengharuskan dilakukannya pengambilan gigi taring yang impaksi tersebut untuk mencegah timbulnya gejala sinusitis. Bila gigi tersebut memiliki posisi yang miring namun masih berada dalam lengkung rahang, maka terkadang diperlukan pencabutan gigi taring susu yang kemudian diikuti dengan penarikan gigi taring tetap tersebut ke posisi yang seharusnya dengan alat bantu orthodonti.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar