Sukses

Apakah Saya Terkena Kanker Payudara?

11 Dec 2014, 11:02 WIB
Wanita, 41 tahun.

Malam dokter.. Sy ibu siska..sy ada keluhan mengenai rasa baal dan pegal di punggung belakang kanan sy dan menjalar sampe ke dada dan payudara yg terasa nyeri..bru 2hari ini terasa spt itu..dulu2 sy pernah nyeri payudara saja tanpa disertai sakit punggung belakang..sy takut periksa apabila sy dvonis kanker payudara..apakah itu salah satu gejalanya ya..kalo hal lain berkenaan dgn perubahan bentuk sih blom ada..kiranya dokter bisa paham dgn penyakit saya trima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Gejala awal kanker payudara adalah benjolan pada payudara. Oleh karenanya pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) merupakan tindakan penting yang hendaknya dilakukan oleh kaum perempuan. Benjolan atau tumor di payudara pada umumnya berasal dari perubahan normal pada perkembangan payudara, siklus hormonal dan perubahan reproduksi. Berdasarkan sifatnya, benjolan ini dapat dibagi menjadi jinak dan ganas (kanker). Jenis benjolan jinak diantaranya adalah mammary dysplasia, Papiloma intraduktal, FAM, dan sistosarkoma filodes.

Benjolan dapat menyerang siapa saja, terutama bagi wanita (bahkan pria) yang sudah mendapatkan menstruasi. Kemungkinan memiliki benjolan pada wanita ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Gejala benjolan payudara sangat bervariasi. Waspadalah tanda keganasan (kanker) sebagai berikut :

  • Pembengkakan atau benjolan di ketiak
  • Kulit di sekitar payudara mengerut seperti jeruk atau disebut peau d'orange
  • Puting tertarik ke dalam
  • Keluar cairan dari puting, dapat darah, bening, atau warna lain
  • Nyeri di benjolan (namun ini subjektif)
  • Perubahan dari puting seperti rasa gatal, panas, perlukaan.

Apakah Anda mengalami satu atau lebih gejala di atas?

Bila Anda mengalami satu atau lebih dari gejala di atas, segera konsultasikan diri ke Dokter Spesialis Bedah, karena segala macam keganasan harus cepat ditangani.

Berikut panduan dari American Cancer Society untuk deteksi dini kanker payudara:

Perempuan risiko sedang

  • Melakukan pemeriksaan payudara secara periodik (minimal setiap 3 tahun) ke dokter
  • Memulai pemeriksaan penunjang berkala sejak usia 40 tahun setiap tahun

Perempuan risiko tinggi

  • Memulai pemeriksaan lebih cepat dengan interval lebih pendek
  • Melakukan pemeriksaan penunjang secara rutin

Pemeriksaan penunjang yang biasa dilakukan untuk mengkonfirmasi ada / tidaknya benjolan adalah ultrasonografi (USG) dan atau mammografi. Pilihan pemeriksaan merujuk pada banyak sedikitnya jaringan lemak dan sifat kelenjar penderita. Perlu dipahami bahwa sebuah diagnosa hanya bisa ditegakkan setelah dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang terkait. Untuk itu kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter untuk mengetahui apakah yang sebenarnya terjadi pada Anda.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar