Sukses

Pembesaran Perut Paska Operasi Caesar

11 Dec 2014, 11:52 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok, istri saya operasi ceacar yg ke.3 skalian tutup kandungan 3 bulan lalu. Tapi sampai skarang di sekitar jahitan mati rasa dan perutnya belum mengecil. Kenapa ya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pengembalian ukuran rahim menjadi sedia kala ke ukuran sebelum hamil saat bayi lahir biasanya memang membutuhkan waktu enam hingga delapan minggu. Hal ini terjadi karena perubahan hormon menyebabkan rahim sulit untuk menyusut kembali pada ukuran pra-kehamilan. Namun pada beberapa wanita, hal ini dapat terjadi lebih lama khususnya bila wanita tersebut tidak menyusui dan atau tidak melakukan olahraga.

Berikut beberapa kiat yang dapat istri Anda lakukan untuk mempercepat mengembalikan bentuk perut paska melahirkan:

  1. Menyusui : kegiatan ini dapat membantu wanita yang baru saja melahirkan membakar kalori ekstra untuk membuat ASI, sehigga ia pun dapat lebih cepat mengurangi berat badan ekstra yang diperolehnya saat hamil. Kegiatan menyusui pun juga dapat memicu kontraksi rahim yang tentunya dapat membantu mengecilkan rahim yang membesar
  2. Olahraga : ajak istri Anda jalan kaki sekitar kompleks atau daftarkan istri Anda ke salah satu kelas yoga paska melahirkan. Aktivitas ini dapat membantu perut untuk kembali ke bentuk semula. Namun jangan lupa konsultasikan segala sesuatunya dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan yang merawat istri Anda untuk memastikan gerakan mana yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan, karena kondisi setiap individu sangatlah berbeda
  3. Diastasis recti : kondisi ini kerap terjadi pada kehamilan anak ke dua dan seterusnya, yaitu kondisi dimana pada awal kehamilan ada tambahan kulit dan jaringan lunak pada dinding perut. Anda pun dapat berdiskusi dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan yang merawat istri Anda untuk tata laksana terbaik guna menyelesaikan permasalahan ini.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar