Sukses

Keluhan Paska Operasi Payudara

11 Dec 2014, 12:37 WIB
Wanita, 43 tahun.

Langsung aja ya dok,th 95 akhir sy oprasi tumor jinak dipayudara kanan.setelah minikah 16th tptnya 2013 sy operasi tumor yg sm disblah kiri.yg sy tanya oprasi 1tdk ad ytasi nyeri/sprti pegel disktr payudara n ketiak.tp yg ke2 ini sering pegel n nyeri.sdh sy lakukan sadari tdk ada yg aneh taupn bnjolan.terkdang tpt dijahitan nyeri,gatal yg membuat area jhitn merah.apa ada pengaruh dg pkrjan sy sbgi ibu merangkap ayah yg setiap hr antar jmpt anak sklh.trkdang bwk bljaan wrung sperti bras,dus minuman n dus2 blnjaan lainnya.sy jg angkat galon air minera,blm lg pekerjaan rmh yg sy krjakn sndiri kdang dibntu anak sy.apa yg hrs sy lakukan agar rasa nyeri n pegalnya hilang? apa kah ada pantangan makanan buat sy?tlong dok krn bantu sy.trimaksih atas jwbannya. l

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Nyeri dan gatal pada luka dapat terjadi karena adanya bekas luka yang tampak menonjol. Dalam dunia medis, terdapat dua macam bekas luka yang tampak menonjol, yaitu keloid dan bekas luka hipertrofik. Keduanya dapat dibedakan melalui tampilan secara makroskopis maupun mikroskopis. Faktor risiko terjadinya dua kasus ini meningkat pada seseorang beretnis kulit gelap dengan riwayat keluarga yang memiliki keluhan sama.

Keluhan biasanya disebabkan karena adanya proses infeksi atau tarikan pada jaringan bekas luka tersebut, terutama apabila lokasi terjadinya keloid dan atau bekas luka hipertrofik berada pada daerah yang memiliki ketegangan otot tinggi, seperti cuping telinga atau perbatasan mandibular.

Mengingat angka kekambuhan kasus ini cukup tinggi, beberapa tata laksana keloid adalah sebagai berikut :

  • Eksisi bedah pada jaringan yang terkena
  • Suntikan steroid intralesi
  • Terapi laser
  • Salep kortikosteroid

Perlu diketahui bahwa rangkaian terapi di atas tidak menjamin bahwa jaringan dapat kembali normal 100%. Kini, para ahli sedang meneliti penggunaan terapi radiasi untuk kelainan kulit ini.

Sedangkan keluhan pegal pada daerah payudara dan ketiak pada saat beraktivitas kemungkinan tidak berkaitan dengan riwayat operasi Anda di masa lampau. Namun kami tidak dapat memastikan hal ini tanpa didahului oleh pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Untuk itu kami sarankan Anda agar memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Bedah untuk dilakukan pemeriksaan langsung, dan mendapatkan tata laksana yang sesuai dengan kondisi terkini Anda.

Makanan lyang harus Anda hindari adalah jenis makanan berlemak, alkohol, kopi, coklat dan teh. Beberapa penelitian membuktikan bahwa jenis makanan tersebut berkaitan dengan kista hingga kanker payudara. Bahkan, menghindari konsumsi kafein terbukti dapat mengecilkan kista payudara. Kurangi asumsi lemak Anda hingga 20% dari total intake kalori harian Anda untuk membantu mengecilkan hingga menghilangkan benjolan di payudara.

Tetap pertahankan pola hidup sehat dan asupan nutrisi seimbang. Hindari konsumsi garam saat mendekati masa haid, karena garam dapat membuat payudara Anda membengkak.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar