Sukses

Anak Sulit BAB

11 Dec 2014, 16:19 WIB
Pria, 32 tahun.

Sore dok...anak saya umur 2thn,knp kalo BAB susah sampe trasa skit gitu?..kdg2 3hari skali baru bab...mhon pnjelasanya.makasih dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Jumlah asupan makanan yang sedikit tentunya berpengaruh pada frekuensi BAB, dan beberapa anak yang mengkonsumsi susu formula terkadang juga mengalami gangguan BAB.  Makanan rendah serat juga berperan menyebabkan kesulitan buang air besar.

Penanganan sulit buang air besar pada anak-anak perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Bila konstipasi tidak disebabkan karena suatu masalah kesehatan yang serius, maka orang tua dapat mencoba beberapa hal berikut:

  1. Memberikan makanan tinggi serat untuk anak-anak seperti gandum, buah, dan sayur
  2. Meningkatkan asupan cairan bagi anak
  3. Menghindari konsumsi susu sapi dan produk susu sapi (keju, es krim). Konstipasi dapat diperparah karena proses mencerna protein susu sapi
  4. Hindari penggunaan obat pencahar, suplemen serat dan pelunak kotoran secara berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan pada kerja saluran cerna. Gunakan obat-obatan ini hanya dengan konsultasi dan pengawasan Dokter.

Kami sarankan Anda untuk membawa anak Anda ke Dokter Spesialis Anak untuk memastikan ada tidaknya gangguan pada saluran pencernaan anak Anda.

Semoga penjelasan ini bermanfaat,

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar