Sukses

Perkembangan Anak 8 Bulan
12 Dec 2014, 16:28 WIB
Wanita, 25 tahun.

selamat siang, mau tanya, kalau anak usia 8-9 bulan belum merangkak, apakah normal dan penyebabnya apa? makasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berikut ini adalah tahapan perkembangan anak usia 6-12 bulan:

  • Pada bulan keenam, bayi senang berceloteh, dan tangannya semakin mahir dalam menggenggam benda-benda disekitarnya. 
  • Bulan ke tujuh, sang bayi mulai belajar untuk merangkak. Sang bayi juga mulai dapat memberikan respon ekspresi dan emosi orang lain. 
  • Bulan ke delapan, bayi mulai dapat duduk tanpa sokongan, bertepuk tangan, dan lebih responsif dalam interaksi dengan orang lain. 
  • Bulan ke sembilan, bayi mulai mencoba merangkak, mencengkeram benda dan kadang bisa merasa gelisah jika berada di tengah orang asing. Ajarilah anak untuk menyebut perkataan yang mudah seperti ‘mama’ dan ‘papa’ untuk merangsang kemahirannya bercakap. 
  • Bulan ke sepuluh, bayi mulai dapat berdiri, menyusun dan mengatur mainan. Bayi juga mulai dapat melambaikan tangan. Bayi juga mulai mengerti hubungan sebab akibat seperti, “Jika aku menangis, maka ibu akan datang”. 
  • Bulan ke sebelas, sang bayi mulai dapat berjalan dengan bantuan benda disekitarnya. Bayi juga sudah dapat mengucapkan kata ‘papa’, ‘mama’. 
  • Bulan ke dua belas, bayi sudah dapat berdiri tanpa berpegangan, sudah dapat mengucapkan dua-tiga kata, dan menirukan beberapa gerakan yang sering Anda lakukan.

Jadi jika usia anak Anda 8 bulan dan belum bisa merangkak hal tersebut masih normal. Namun sebaiknya anak terus diberi stimulasi/rangsangan agar tumbuh kembang anak baik. Stimulasi yang dapat diberikan untuk melatih anak merangkak adalah dengan meletakkan sebuah mainan di luar jangkauan bayi, usahakan agar ia mau merangkak ke arah mainan dengan menggunakan kedua tangan dan lututnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar