Sukses

Hidrosefalus

11 Dec 2014, 17:37 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat siang Dok. Saya sekarang lg hamil dengan usia kandungan kira2 26 mgg. Pada pemeriksaan usg 3D, dokter kandungan saya mengatakan ad indikasi janin saya mengalami hidrosefalus krn gambaran usg kepala janin dr atas di temukan 2 rongga kosong. Dengan ad ny indikasi tersebut, apakah yg bisa sy lakukan utk persiapan kelahiran kelak dan tindakan ap yg perlu saya ambil mungkin utk mengurangi ataupun mengobati keadaan janin saya? Terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Hidrosefalus berasal dari bahasa yunani yang terdiri atas kata “hydro” yang berarti air dan “cephalus” yang berarti kepala. Dengan demikian hidrocephalus (hidrosefalus) berarti kondisi dimana cairan terakumulasi berlebihan di dalam otak.

Hidrosefalus merupakan salah satu kelainan yang dapat terjadi karena saat pembentukan dan perkembangan embrio terjadi infeksi, perdarahan, tumor, dan kelainan genetik. Prosedur pembedahan yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan shunt yang mengalirkan cairan otak ke rongga perut untuk kemudian diserap ke dalam pembuluh darah. Prosedur ini di luar negeri memang sudah dapat dilakukan sejak janin di dalam kandungan, namun sayang sekali di Indonesia prosedur ini hanya bisa dilakukan setelah bayi lahir.


Gambar 1. Ventriculoperitoneal Shunt yang mengalirkan cairan otak dari rongga otak menuju rongga perut.

Seperti halnya prosedur pembedahan lain, selesai pembedahan dokter akan memonitor frekuensi nadi, frekuensi pernapasan, tekanan darah, suhu, tanda vital dan status neurologis pasien. Analgetik (pereda nyeri) dapat diberikan untuk meredakan nyerinya disertai pemberian antibiotik dan cairan intravena. Sebagai tambahan, dapat dilakukan terapi fisik untuk membantu pasien mencapai kemampuan motoriknya seperti sebelum dilakukan pembedahan. Kemudian dalam beberapa hari setelah pembedahan perlu dilakukan pemeriksaan CT scan untuk melihat posisi shunt dan perkembangan hidrosefalusnya.

Semoga penjelasan ini dapat dipahami.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar