Sukses

Badan Demam dan Sesak

12 Dec 2014, 17:22 WIB
Pria, 20 tahun.

dokter saya mau tanya knapa tiap malam badan saya itu selalu panas dingin disertai lemas & dada saya itu terasa sakit & sesak

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah ada gejala lain seperti batuk, pilek, mual, muntah, sakit kepala, gangguan buang air besar/buang air kecil, mimisan, gusi berdarah, bintik merah di kulit atau gejala lainnya? Apakah Anda memiliki riwayat alergi atau asma? Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter?

Terdapat beberapa penyebab demam. Memang benar bahwa infeksi merupakan penyebab tersering timbulnya demam. Secara klinis, demam akibat infeksi bakteri umumnya tidak setinggi yang ditemukan pada infeksi virus, juga tidak disertai oleh gejala sistemik lain seperti otot pegal/linu, lemas, mual, dsb seperti yang ditemukan pada infeksi virus. Namun tidak jarang ditemukan adanya infeksi campur antara virus dan bakteri, sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan gejala klinis yang sulit dibedakan satu dengan lainnya.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, perlu diketahui mengenai apakah jenis pemeriksaan yang telah Anda lakukan dan kapan pemeriksaan tersebut dilakukan. Karena pemeriksaan darah perifer lengkap yang dilakukan terlalu cepat belum dapat mendeteksi ada/tidaknya infeksi, sehingga pemeriksaan tersebut umumnya baru dianjurkan apabila demam dan keluhan lain tidak dirasakan membaik setelah 3 hari pengobatan.

Apabila dalam 3 hari demam tidak juga turun, disertai keluhan lain yang tidak kunjung membaik, segera lakukan pemeriksaan laboratorium kembali (minimal untuk pemeriksaan darah perifer lengkap). Untuk menegakkan diagnosis suatu penyakit diperlukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang (laboratorium), maka dari itu kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar