Sukses

Pengaruh Permen dan Coklat Bagi Gigi Anak

15 Dec 2014, 12:28 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok anak sy usia nya 14 bulan. pada usia berapa anak bisa diajari gosok gigi? apa benar permen ataupun coklat bisa membuat anak sakit gigi? bukankah coklat dapat membuat anak aktif dan rileks?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e - konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Pengenalan anak terhadap kebiasaan menyikat gigi perlu ditanamkan sejak dini, terutama sejak gigi pertama tumbuh. Tidak hanya itu, gusi dan jaringan lunak dalam rongga mulut akan yang belum tumbuh gigi pun perlu dibersihkan secara berkala dengan kassa dan air hangat untuk membersihkan permukaannya dari sisa air susu yang melekat di jaringan lunak mulut dan berpotensi memberikan kondisi yang ideal bagi pertumbuhan jamur.

Permen atau cokelat merupakan substansi yang mengandung gula. Gula merupakan salah satu musuh besar bagi gigi sebab gula yang melekat pada permukaan gigi nantinya akan dijadikan substrat oleh bakteri pada plak untuk kemudian dirubah dan menjadi bersifat asam. Asam inilah yang seiring dengan berjalannya waktu akan menyebabkan hilangnya mineral atau jaringan keras gigi atau yang biasa disebut dengan demineralisasi email gigi, yang kemudian gigi akan menjadi berlubang.

Namun saliva atau air ludah memiliki beberapa kemampuan yang menguntungkan bagi kondisi tersebut, yaitu kapasitas buffer yang berfungsi untuk mengembalikan tingkat keasaman yang tercipta setelah mengkonsumsi permen atau cokelat tersebut ke pH normal, dan kemampuan untuk mengadakan remineralisasi guna mengembalikan mineral gigi yang hilang. Akan sangat bijak untuk membatasi konsumsi permen atau cokelat dan akan jauh lebih baik jika menghindarinya.  Biasakan anak-anak membilas rongga mulutnya dengan air atau menyikat giginya 30 menit setelah mengkonsumsi kudapan manis tersebut.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar