Sukses

Mengontrol Penyakit Diabetes

05 Dec 2014, 11:23 WIB
Pria, 26 tahun.

Pagi dok!! maaf dok"untuk menurunkan/menormalkan penyakit diabetes,,,?Gula darah saya itu klo sblm puasa ukurannya 97 tp klo sesudah makan kok jadi 193 ya dok,,,,?Langkah apa yang saya lakukan dok agar saya bisa kembali sehat tanpa was-was akan bahayanya diabetes saya...Trimakasih dok sebelumnya.dari BUDI diPATI JAWA TENGAH

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah saat ini ada obat-obatan yang Anda konsumsi? Umumnya kadar gula darah setelah makan bervariasi tergantung pada jenis makanan yang terakhir dikonsumsi sebelum tes. Apabila Anda mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi (indeks glikemik adalah ukuran kemampuan suatu makanan yang mengandung karbohidrat untuk menaikkan kadar gula darah) seperti nasi, mie, kentang, dan lainnya, maka kadar gula darah Anda akan lebih tinggi.

Sebagai informasi, diabetes dapat didiagnosis dengan salah satu hal berikut: 

  • Kadar gula darah puasa Anda sama dengan atau lebih besar dari 126 mg/dL

  • Hasil tes gula darah sewaktu (hasil pemeriksaan sesaat pada suatu hari tanpa memperhatikan waktu makan terakhir ) lebih dari 200 mg/dL disertai dengan gejala klasik

  • Anda memiliki tes toleransi glukosa oral dengan hasil lebih dari 200 mg/dL

  • Tes HbA1c Anda lebih besar dari 6,5%

Adapun gejala klasik yang dimaksud adalah (3P) yaitu polydipsia (minum lebih sering), polyphagia (makan lebih sering), dan polyuria (kencing lebih sering), disertai penurunan berat badan. Gejala lainnya antara lain pandangan mata kabur, parestesia (rasa baal, tebal, atau kesemutan) pada anggota tubuh bagian bawah, terdapat infeksi jamur (sebagai contoh: balanitis pada pria), tubuh lemah.

Mengenai penanganan diabetes, hingga saat ini diabetes belum dapat disembuhkan. Penelitian medis dalam bidang ini masih terus gencar dilakukan. Yang dapat Anda lakukan adalah mengontrol diabetes tersebut agar Anda dapat beraktivitas seperti biasa. Penanganan diabetes memerlukan edukasi, pengaturan makanan (diet), aktivitas fisik, dan obat-obatan jika perlu. Sudahkah Anda memiliki alat pengukur kadar gula darah yang dapat digunakan di rumah atau di kantor? 

Adapun pengobatan untuk diabetes antara lain golongan obat hipoglikemik oral (OHO) ataupun terapi suntik insulin. Jenis obat tersebut dapat digunakan secara sendiri-sendiri maupun dalam kombinasi, disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pada prinsipnya, diabetes dikendalikan dengan: 

  • Perencanaan makan yang baik, melakukan 3J (Jumlah, Jadwal, dan Jenis). Sudahkah Anda memiliki perencanaan makan yang teratur?

  • Aktivitas fisik atau olahraga yang teratur. 

  • Obat yang diminum (anti diabetik) ataupun terapi suntik insulin. Obat apa sajakah yang saat ini dikonsumsi oleh Anda?

  • Monitor kadar glikemik, diskusikan target kadar glukosa darah dengan dokter yang merawat Anda

Keempat prinsip di atas perlu diterapkan secara berkesinambungan agar kadar gula darah tetap terkontrol. Diskusikan dengan dokter atau ahli gizi Anda mengenai perencanaan makan dan aktivitas yang sesuai. 

Berikut artikel terkait yang dapat menambah informasi Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar