Sukses

Gigi Ngilu pada Proses Perawatan Saluran Akar

21 Dec 2014, 21:55 WIB
Pria, 19 tahun.

dok, saya dulu kecelakaan dan gigi saya patah. saya sudah menjalani pengambilan syaraf gigi dan pengisian obat. tetapi sampai sekarang dokter belum berani memasang pasak gigi karena masih terasa linu, padahal ini sudah bulan ketiga. apa penyebab dari linu saya tersebut, apakah karena pengisian obat yang kurang atau karena gigi saya masih stres? thx

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih anda telah menggunakan layanan e - konsultasi

Ketika gigi yang patah/fraktur akibat kecelakaan tersebut telah mencapai pulpa (ruangan saraf gigi), maka dokter harus melakukan tindakan berupa perawatan saluran akar yang salah satu tahapannya adalah melakukan pengambilan jaringan saraf dan pembuluh darah pada gigi. Saraf merupakan jaringan yang memungkinkan manusia untuk merasakan rasa ngilu akibat berbagai stimulus eksternal, maka idealnya ketika saraf telah seluruhnya terangkat dari dalam pulpa gigi, anda tidak akan lagi mampu merasakan rasa ngilu.

Namun, sayangnya dalah surat elektronik anda tidak menjelaskan stimulus seperti apa yang memicu timbulnya rasa ngilu tersebut. Apabila rasa ngilu tersebut timbul ketika anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin, atau manis atau asam, maka dapat dipastikan rasa ngilu yang anda rasakan tersebut merupakan respon dari saraf gigi. Tetapi apabila rasa ngilu tersebut anda rasakan ketika gigi-gigi yang saling berantagonis mengatup (hal ini biasanya diuji oleh dokter gigi dengan mengetuk gigi yang patah tersebut), maka ada kemungkinan respon ngilu tersebut berasal dari jaringan penyangga gigi.

Untuk mengetahui apa yang sesungguhnya terjadi, ada baiknya dilakukan pengambilan gambar radiografi untuk mengetahui apakah terdapat lesi pada jaringan penyangga gigi, adanya kekurangan dalam pengisian saluran akar, atau mungkin terdapat garis fraktur pada bagian akar gigi yang tidak terlihat secara klinis.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar