Sukses

Mie Instant dan Nasi

12 Dec 2014, 08:43 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, penyakit apa saja yang ditimbulkan jika keseringan memakan mie instan dengan nasi dan apa yang seharusnya dilakukan?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Mie instant sejatinya adalah salah satu sumber karbohidrat yang terbuat dari tepung terigu (gandum). Apabila Anda mengkonsumsi mie instant dengan nasi, berarti Anda hanya mengkonsumsi karbohidrat saja karena nasi pun juga merupakan karbohidrat. Padahal tubuh manusia membutuhkan protein, vitamin, mineral, serat dan lain-lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Konsumsi karbohidrat berlebih dapat memicu timbulnya diabetes mellitus dan obesitas di kemudian hari, karena karbohidrat sebagai sumber energi yang tidak terpakai tentunya akan tersimpan menjadi cadangan lemak di dalam tubuh. Waspadai pula kandungan MSG dan bahan pengawet yang terkandung di dalam mie tersebut. Beberapa ahli berpendapat bahwa MSG merupakan salah satu bahan yang bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker).

Kami sarankan Anda untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi mie instant. Apabila Anda memutuskan untuk mengkonsumsinya, tambahkan sumber serat (wortel, kol, sawi), dan protein (telur, udang, ayam). Kembalilah ke kaidah 4 sehat 5 sempurna untuk menyusun menu nutrisi harian Anda.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar