Sukses

Gigi Geraham Bungsu yang Sedang Tumbuh Terasa Sakit

08 Dec 2014, 18:00 WIB
Pria, 21 tahun.

Mau nanya soal gigi bungsu saya. Jadi udah hampir 3 minggu terasa sakit pada gigi bungsu kiri bawah, usia saya 21 th. Apakah sakit ini akibat gigi yg belum tumbuh sempurna atau kah masalah lain? 1 hal juga bahwa gigi yg tumbuh ini tertutup gusi diatasnya, saat ke dokter 2 minggu lalu saya hanya diberi asam mefenamat dan obat anti inflamasi, beberapa hari mendingan namun sekarang sakit lagi, baiknya saya harus gimana? Terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas gangguan serta rasa sakit pada gigi Anda. Sebelumnya saya akan memaparkan sedikit mengenai gangguan yang timbul  terkait dengan tumbuhnya gigi geraham bungsu. Gigi impaksi atau gigi yang mengalami gangguan pertumbuhan seperti gigi geraham bungsu Anda dapat terbenam seluruhnya dalam tulang,  atau bisa juga hanya separuh mahkota yang berhasil menembus tulang dan gusi dan posisinya biasanya tidak tegak melainkan sedikit miring atau posisi abnormal lainnya. Munculnya gigi geraham bungsu terjadi pada usia 17- 21 tahun.

Banyak para ahli yang menyarankan pencabutan pada kasus gigi seperti ini, karena jika hanya diberi obat untuk mengurangi radang gusi, peradangan tersebut nantinya akan kembali berulang. Pencabutan gigi yang impaksi memang tidak seperti pencabutan biasa, mengingat posisi gigi yang umumnya terletak di luar lengkung rahang normal atau miring, atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena tindakan ini merupakan operasi kecil dengan pembiusan lokal. Jika dilakukan sesuai prosedur, resiko komplikasi dapat ditekan seminimal mungkin atau bahkan tidak ada. Saya menyarankan agar sebaiknya Anda kembali ke dokter gigi untuk memastikan perawatan terbaik bagi kondisi yang Anda alami. Dan tentu saja Anda harus tetap selalu menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi Anda.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca

Impaksi Molar Tiga

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar