Sukses

Amankah Mencabut Gigi Atas

08 Dec 2014, 18:45 WIB
Wanita, 28 tahun.

Saya punya masalah dgn gigi dan gusi dok. 5 hari blakngan gigi geraham saya sebelah kiri atas sakit.saya mnm obat tp ga brtahan lama dok sakitnya hilang dan timbul. Saya ingin brtanya,,aman kah mencabut gigi sebelah atas dokter? Dan apakah ada efek samping ny nanti ke mata saya dok? Krn ktka sakit ny kumat kpla saya migrain dan mata saya jd merah tp sebelah gigi yg sakit aja dok. terima kasih dokter

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Pencabutan gigi merupakan tindakan medis yang tanpa pengaruh negatif atau efek samping, selama tindakan tersebut dilakukan berdasarkan prosedur standar yang sesuai. Rasa sakit pasca pencabutan adalah hal yang normal selama rasa sakit tersebut tidak terasa begitu hebat dan dapat diatasi dengan obat pereda nyeri. Apabila terjadi efek samping yang tidak diinginkan pada saat pencabutan seperti perdarahan, syok,pusing, pingsan dan mual terjadi pada kondisi tertentu saja, seperti pada pasien dengan riwayat darah tinggi dimana saat pencabutan darahnya tidak terkontrol dan pada pasien dengan kecemasan berlebihan. Tindakan pencabutan gigi juga tidak menyebabkan kerusakan atau kebutaan pada mata, telah berkembang mitos dimasyarakat bahwa pencabutan gigi atas dapat menyebabkan kebutaan atau gangguan penglihatan yang  tentu saja hal  tersebut tidak benar. 

Sebaiknya Anda periksakan kondisi gigi yang mengalami gangguan berupa rasa sakit ini agar dapat dipastikan penyebabnya dan dilakukan terapi  yang diperlukan. Perlu Anda ketahui bahwa gangguan atau rasa sakit pada gigi tidak selalu berujung pada tindakan pencabutan terhadap gigi tersebut.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar