Sukses

Cara Pemakaian Pil KB; haruskah rutin setiap hari?

06 May 2015, 10:58 WIB
Wanita, 35 tahun.

Dok saya sudah 1thn KB Pil. Rutin Saya minum sesuai jam nya. Haid teratur tiap bln nya tpi bln November td Saya minum Pil gx tepat wktu&haidnya plek2 coklat gx lncar. Apakah Pil bnr2 harus diminum setiap hari dok walaupun aktivitas seks Saya&Suami gx setiap hari,minimal 3x seminggu saat suami Pulang karena suami kerja luar kota. Mohon penjelasannya dok biar saya gx bingung dengan kontrasepsi Pil ini. Terimakasih dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebelum menggunakan pil KB, Anda harus mengetahui cara penggunaan yang benar. Satu lempeng pil KB ada yang terdiri dari 28 pil dan 21 pil. Pada lempengan yang berisi 28 pil, 21 di antaranya mengandung hormon, sementara 7 sisanya adalah plasebo. Pil KB mulai diminum pada hari pertama menstruasi dan seterusnya setiap hari,  pada jam yang sama, mengikuti arah tanda panah yang tersedia. Sementara itu untuk lempengan yang berisi 21 pil, semuanya mengandung hormon. Sehingga setelah 21 pil habis diminum, terdapat 7 hari kosong tanpa meminum pil KB.

Jika Anda hanya meminum pil KB pada saat akan berhubungan saja, pil tersebut tidak akan bekerja efektif untuk melindungi Anda dari terjadinya kehamilan. Kehamilan dapat saja terjadi jika pil tidak diminum secara benar dan jika Anda tidak menggunakan tambahan kontrasepsi lain seperti kondom.

Jika Anda terlambat haid, bisa berarti hamil ataupun hal lainnya. Kami menyarankan agar Anda melakukan tes kehamilan sendiri terlebih dahulu di rumah. Jika masih ragu, Anda dapat mengunjungi dokter kebidanan dan kandungan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar