Sukses

Anak Demam dan Mimisan

09 Apr 2015, 23:26 WIB
Pria, 32 tahun.

dok, kemarin 4 hari anak saya panas cukup tinggi, sampai keluar darah dari hidung(mimisan). Apakah mimisan disebabkan oleh sakit panas? Bagaimana mengobati mimisan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Apakah demam yang muncul mendadak tinggi atau perlahan-lahan naik? Selain mimisan apakah ada gusi berdarah atau bintik-bintik merah di kulit? Apakah ada keluhan lain seperti nyeri otot, nyeri kepala, mual/muntah? Apakah sebelumnya anak Anda sering mengalami mimisan meskipun tidak disertai demam?

Demam yang disertai dengan perdarahan (mimisan, gusi berdarah, dan bintik kemerahan di kulit) dapat disebabkan oleh demam berdarah dengue. Penyakit demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Untuk memastikan diperlukan pemeriksaan NS 1 dan darah lengkap untuk menilai Hb, trombosit, dan hematokrit. Terapi utama DBD adalah dengan pemberian cairan baik secara oral maupun parenteral (infus).

Mimisan (epistaksis) dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti trauma, demam berdarah, trombositopenia, hipertensi. Kami belum dapat memastikan diagnosis anal Anda, karena dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis Anak untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel yang berhubungan dengan pertanyaan Anda.

Demam Berdarah Dengue

Tindakan Awal Untuk Mengatasi Gejala Mimisan

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar