Sukses

Nyeri Dada Kiri Atas

13 Feb 2015, 11:59 WIB
Pria, 24 tahun.

NYERI DADA SEBELAH KIRI ATAS Selamat pagi dok, dok saya dulu menderita flek paru paru, tapi saya sudah dinyatakan sembuh oleh dokter, tapi hasil ronsen paru saya masih ada bercak bercak dan sekarang nyeri dada saya di sebelah kiri atas masih terasa sakit sampe sekarang itu kenapa ya dok

Terimakasih teah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah Anda merokok? Apakah nyeri dada muncul hanya jika berubah posisi? Apakah sebelumnya Anda melakukan aktifitas fisik atau olahraga berat? Apakah ada riwayat cedera atau trauma? Apakah ada gejala batuk, nyeri saat menarik napas, sesak napas, nyeri ulu hati, mual, muntah? Apakah ada riwayat sakit maag/lambung?

Nyeri dada tidak selalu disebabkan oleh jantung. Keluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

Berikut ini adalah beberapa penyebab nyeri dada kiri:

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.
  • Nyeri dada karena masalah psikologis

Karena Anda memiliki riwayat penyakit paru kami sarankan agar Anda kontrol kembali ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan pemeriksaan penunjang. Sepertinya Anda memiliki riwayat penyakit tuberkulosis (TBC Paru) karena menjalani pengobatan selama 9 bulan. Bisa jadi nyeri dada yang Anda rasakan karena penyakit paru yang berulang. Maka dari itu penting sekali untuk memeriksakan kembali ke dokter.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar