Sukses

BAB Hitam

07 May 2015, 12:52 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat Pagi Dokter : Saya setiap BAB selalu Hitam, itu yang membuat HB saya Selalu Rendah.. sudah 52 Kantong darah Yang Tranfusi ke Tubuh Saya.. Pernah saya di endoskopi, kata dokter endoskopi ada bakteri H.plylory jadi saya d kasih Obat anti Biotik d minum selama 14 Hari.. Setelah 14 Hari Obatnya habis saya tetap BAB Hitam juga dokter.. Jadi langkah selanjutnya apa? Soalnya tingkat endoskopi juga sudah pernah

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

BAB berwarna hitam dapat disebabkan oleh adanya campuran darah dalam feses, umumnya darah berasal dari saluran cerna bagian atas. Jika sebelumnya anda sudah memeriksakan diri kepada dokter dan telah diberikan terapi, namun belum ada perubahan, maka sebaiknya anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang menangani anda mengenai langkah lanjutan yang dapat anda lakukan.

Ulkus lambung adalah perlukaan terbuka pada lapisan dalam lambung. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan ulkus lambung, diantaranya adalah peningkatan asam lambung karena merokok, stres, faktor genetik, dan dapat juga disebabkan oleh bakteri (misalnya Helicobacter pylori) atau obat-obatan yang menyebabkan melemahnya lapisan lendir pelindung lambung sehingga asam lambung bisa menembus lapisan di bawahnya.

Pengobatan ulkus lambung terdiri atas penghambat H2 (misalnya ranitidin, famotidin dan cimetidin). Pada ulkus yang disebabkan oleh Helicobacter pylori, akan diberikan terapi antibiotik. Masa penyembuhan biasanya memerlukan waktu selama 8 minggu, tetapi nyeri biasanya akan menghilang setelah beberapa hari. Meskipun gejalanya telah mereda, obat harus diminum sampai habis agar infeksi benar-benar reda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar