Sukses

Menunda Kehamilan

07 Apr 2015, 11:59 WIB
Wanita, 21 tahun.

Pagi dok. Menunda kehamilan diawal pernikahan dgn cara suntik/pil KB itu beresiko apa dikemudian hari setelah berhenti KB??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Untuk menghindari kehamilan, Anda sebaiknya melakukan hubungan seksual pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar menghindari kehamilan adalah menghindari hubungan seksual saat terjadinya ovulasi (masa subur). Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid istri Anda teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda tidak melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi. Jika haid istri Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Menghitung siklus dapat dilakukan dari haid hari pertama hingga 1 hari sebelum haid hari pertama yang berikutnya.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 

Selain itu, jika memang Anda sedang dalam program penundaan memiliki anak, akan lebih baik untuk mempertimbangkan metode kontrasepsi (KB). Kunjungilah dokter atau bidan untuk bersama-sama mendiskusikan dan memilih metode kontrasepsi yang paling tepat untuk istri Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar