Sukses

Vaginosis Bakterial

04 Dec 2014, 14:44 WIB
Wanita, 36 tahun.

Dok hasil pap smear DX nya negatif for intarepithelial lesion or malignancy(NILM) shift in flora suggestion of bacterial vaginosis.dg saran terapi antibiotik n kontrol ulang 6 bln.mohon penjelasannya dok.terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Hasil papsmear Anda menunjukkan adanya pertumbuhan flora normal yang berlebihan di vagina Anda. Bakteri baik ini sejatinya berfungsi untuk melawan infeksi, namun akan menjadi infeksius bila jumlah pertumbuhannya melebihi batas normal dan dalam dunia medis hal ini disebut sebagai Vaginosis Bakterial. Gejala yang ditimbulkan biasanya keputihan yang berbau dan bewarna seperti susu pecah. Walaupun jarang, namun beberapa wanita juga mengeluhkan adanya rasa gatal, kemerahan dan nyeri saat berhubungan.

Bagaimana dengan gejala yang Anda rasakan?

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Selain itu lakukan beberapa tips berikut ini untuk mencegah keputihan:

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar