Sukses

Jarak Aman Rumah dan SUTET

04 May 2015, 21:05 WIB
Pria, 31 tahun.

Selamat siang dokter, Saya berencana membeli sebuah rumah , akan tetapi dekat rumah tersebut ada SUTET (Suhu Udara Tegangan Ekstra Tinggi). Meskipun posisi rumah tsb tidak tepat langsung di bawah kabel SUTET atau dekat dari tower SUTET. Jarak antara rumah yang mau saya beli dengan tower/menara SUTET kira-kira 200 Meter. Perlu diketahui posisi rumah tersebut diatasnya tidak dilewati kabel SUTET tsb.Melainkan kabel SUTET tsb mengarah kearah utara, sedangkan posisi rumah tsb ada di selatan jadi saling berseberangan posisinya. Sedangkan disekeliling tower/menara SUTET tersebut dipagarin oleh PLN artinya diluar pagar tersebut boleh di bangun rumah. Karena saya sering dengar dari orang-orang atau melalui media online yang mengatakan bahwa SUTET berakibat buruk pada kesehatan terutama menimbulkan penyakit kanker. Yang jadi pertanyaan : 1. Apakah hal tersebut benar ? 2. Apakah ada jarak yang aman untuk posisi rumah terhadap tower/menara atau kabel SUTET agar tidak terkena dampak buruknya SUTET ? Jika ada, kira-kira jaraknya berapa meter dari posisi rumah ke tower (horizontal) atau posisi rumah ke kabel (vertical) SUTET? karena saya ingin membeli rumah tersebut dalam waktu dekat ini. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

SUTET adalah singkatan dari Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi dengan kekuatan 500 kV yang ditujukan untuk menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit yang jaraknya jauh menuju pusat-pusat beban sehingga energi listrik bisa disalurkan dengan efisien.

Kehadiran medan listrik dan medan magnet di sekitar kehidupan manusia tidak dapat dirasakan oleh indera manusia, kecuali jika intensitasnya cukup besar dan terasa hanya bagi orang yang hipersensitif saja. Medan listrik dan medan magnet termasuk kelompok radiasi non-pengion. Radiasi ini relatif tidak berbahaya, berbeda sama sekali dengan radiasi jenis pengion seperti radiasi nuklir atau radiasi sinar rontgen.

Medan Listrik di bawah jaringan dapat menimbulkan beberapa hal, antara lain :

  • menimbulkan suara/bunyi mendesis akibat ionisasi pada permukaan penghantar (konduktor) yang kadang disertai cahaya keunguan,
  • bulu/rambut berdiri pada bagian badan yang terpajan akibat gaya tarik medan listrik yang kecil,
  • lampu neon dan tes-pen dapat menyala tetapi redup, akibat mudahnya gas neon di dalam tabung lampu dan tes-pen terionisasi,
  • kejutan lemah pada sentuhan pertama terhadap benda-benda yang mudah menghantar listrik (seperti atap seng, pagar besi, kawat jemuran dan badan mobil).

Sebenarnya pemerintah telah mengeluarkan aturan tentang pendirian sutet yaitu SNI 04-6918-2002 tentang ”Ruang Bebas dan Jarak Bebas Minimum pada SUTET”. SNI mempunyai pendapat yang berbeda dengan kepmen ESDM di atas mengenai jarak runag aman, yang dapat kita lihat dibawah ini :

  1. Jarak bebas umum Vertikal dari konduktor dengan bangunan, yaitu 9 meter untuk SUTET.
  2. Jarak bebas minimum horizontal dari sumbu menara, yaitu :
  • 22 meter untuk SUTET 500 KV sirkit tunggal.
  • 17 meter untuk SUTET 500 KV sirkit ganda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    1 Komentar