Sukses

Efek Samping Kontrasepsi Darurat

03 Dec 2014, 16:45 WIB
Wanita, 19 tahun.

mohon bantuannya dok, awal cerita saya dan pacar sy berhub badan menggunakan kondom, sewaktu pacar sy ejakulasi didalam, dan melepas kondom, ternyata kondom tersebut lepas. karena panik, akhirnya pacar sy membelikan obat postinor-2 , 12 jam setelah berhubungan sy minum postinor,dan 12 jam setelahnya sy minum kembali pil terakhir. yang menjadi permasalahan 1 minggu setelah minum obat tersebut sy mengalami pendarahan, awalnya sy kira itu hanya efek samping, tp sampai sekarang pendarahan masih berlanjut berjalan 6 hari ini, darah encer banyak sampai pembalut penuh dan menetes sewaktu buang air. mohon bantuannya dok, sy takut kalau harus ke rumah sakit. kalau bisa dari dokter saja saya harus minum obat apa untuk menghentikan pendarahan ini. terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kontrasepsi darurat yang Anda konsumsi mengandung levonorgestrel 750 mcg. Levonorgestrel memang efektif untuk menghentikan kehamilan bila dikonsumsi kurang atau sama dengan 72 jam setelah berhubungan. Sebenarnya efek samping dari levonorgestrel sangat minimal namun terkadang dapat menyebabkan spotting, perdarahan, mual, muntah. Levonorgestrel bekerja dengan cara mengentikan proses pemempelan telur ke dinding, atau menghentikan keluarnya telur. Levonorgestrel langsung bekerja saat dikonsumsi, namun sebenarnya lebih efektif sesaat setelah berbuhungan tanpa proteksi. Keefektifan levonorgestrel bila dikonsumsi kurang atau sama dengan 72 jam setelah berhubungan adalah 97 - 99%. Dan berkurang fungsinya bila digunakan berulang dalam waktu yang berdekatan. 

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan kondisi Anda karena memang idealnya seseorang memeriksakan diri ke dokter minimal 3 minggu setelah mengkonsumsi kontrasepsi darurat. Kami tidak dapat memberikan pengobatan karena untuk memberikan pengobatan diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Anda tidak perlu takut untuk datang ke dokter karena dokter akan menjaga privasi Anda.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, 

 

0 Komentar

Belum ada komentar