Sukses

Flek di Paru

05 Dec 2014, 12:47 WIB
Wanita, 32 tahun.

pagi dok saya mau tanya soal sakit paru2 dan jg ada nya flek mohon penjelasannya dok dan bagaimana cara penyembuhannya? apakah berpengaruh ke tubuh jd berat badan semakin menurun. terima kasih sebelumnya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Flek di paru disebabkan oleh penyakit Tuberkulosis Paru (TB) yang memang dapat menyebabkan berat badan semakin menurun, selain itu TB juga memberikan gejala sebagai berikut:

  • Batuk lebih dari 2 minggu
  • Demam lebih dari 2 minggu tanpa sebab yang jelas
  • Nafsu makan berkurang
  • Sering berkeringat pada malam hari.

TB dapat disembuhkan, namun hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 (pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke Dokter agar dilakukan tes darah dan dahak guna mengkonfirmasi diagnosa TBC. Pastikan Anda mengkonsumsi nutrisi yang cukup untuk membantu proses penyembuhan, dan mengkonsumsi obat sesuai dengan petunjuk Dokter.

Gunakan masker dalam beraktivitas serta minta orang-orang terdekat Anda untuk melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah mereka bebas dari TBC atau tidak.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar