Sukses

Benjolan Pada Leher Anak

04 May 2015, 21:50 WIB
Wanita, 36 tahun.

Dear Tim Dokter Dok saya ada masalah pada anak perempuan saya. Anak saya ada benjolan diantara dagu dan leher. Kalau dipegang sebesar biji kacang hijau. Dia sering mengeluh sakit kepala. Pernah saya bawa ke dokter bedah tp kt dokter bukan penyakit berbahaya ini krn efek dr jerawat. Memang wkt itu anak saya ada jerawat di hidung dan besar jerawatnya. Sampai saat ini anak saya masih mengeluhkan sakit kepala dan benjolannya semakin membesar. 2 bln terakhir ini anak saya badannya panas dan 3x mimisan. Saya pikir apa jg efek dr typusnya karena saya baca penyebab mimisan jg bs dr typus dan hypertensi. Pertanyaan saya dok : 1. Menurut dokter benjolan apakah yg letaknya diantara dagu dan leher anak saya dan apakah memang ada hubungannya dgn jerawatnya. 2. Apakah berbahaya benjolannya dok mengingat anak saya suka makan mie goreng instant dan telur Saya takut itu bs memicu kanker. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang anak Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Apakah anak Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Apakah benjolan muncul bila anak Anda sedang sakit batuk, nyeri menelan?  Dimana letak pasti benjolan?

Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • Sebab lain (jarang).

Oleh karena itu kami sarankan anak Anda konsultasi ke Dokter, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut  berbahaya atau tidak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar