Sukses

Kebiasaan Anak Melempar Barang Disekitarnya

21 Feb 2015, 21:59 WIB
Pria, 28 tahun.

malam dok, saya punya anak laki laki usia 2 tahun 4 bulan, dalam kesehariannya anak saya sering melakukan tindakan yang tidak lazim yaitu membuang barang seperti hp, gelas, remot atau benda yang ada di sekitarnya..kami udah melarang tapi tidak pernah di hiraukan..gimana cara mengatasinya y dok ?? dan kami tidak pernah melakukan hal serupa dalam rumah tangga jadi kami heran dari mana anak saya meniru hal itu..terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Jika anak suka melempar barang tanpa tujuan maka ini patut diwaspadai. Kebiasaan melempar barang atau mainan biasa terjadi pada sebagian besar anak. Hanya saja, kebiasaan melempar tersebut bisa saja berarti positif atau negatif bagi anak.

Sebagian besar anak yang senang melempar mainannya merupakan bagian perkembangan yang normal. Anak melempar-lemparkan mainannya, untuk mempelajari apa yang terjadi. Bagi orang dewasa tentu memahami jika barang dilempar dari atas akan jatuh ke lantai karena pengaruh gaya gravitasi Bumi.

Anak tentunya belum memahami konsep ini. Sehingga pada waktu ia melempar, misalnya melempar bola dan bola jatuh ke lantai, ia akan melakukan hal tersebut berulang kali untuk merekam peristiwa tersebut.

Setelah melemparnya berulang kali, anak baru akan memahami dengan caranya yang sederhana, bahwa bola yang dilempar akan jatuh ke lantai. Namun, sambungnya, orang tua harus waspada dan hati-hati menyikapi kebiasaan ini. Bila si kecil sekadar melempar benda tersebut secara berulang-ulang sebagai suatu ''ritual'' tanpa maksud belajar maka itu patut diwaspadai. Karena terkadang anak yang suka melempar semua mainan tanpa alasan juga bisa berkembang menjadi anak yang agak hiperaktif. Jadi, terdapat perbedaan antara melempar untuk belajar dan melempar yang kurang baik.

Jika anak melempar bola dan mengamati arah jatuhnya bola, ini termasuk yang baik. Tetapi, jika si kecil sering melemparkan bola tanpa tujuan atau tidak memperhatikan ke arah mana jatuhnya bola, maka hal ini perlu dicermati. Untuk itu dibutuhkan pengamatanyang cermat dari kedua orang tua atau pengasuh lainnnya.

Untuk mengantisipasi hal ini, yang seharusnya dilakukan orang tua adalah menyalurkan energi anak tersebut pada kegiatan yang positif. Ketika anak melemparkan mainannya tanpa tujuan, ajaklah ia berinteraksi dengan Anda dalam aktivitasnya tersebut. Bujuklah anak melempar bola kepada Anda. Bermainlah bersamanya sehingga aktivitas melempar bola tersebut berubah menjadi kegiatan yang positif.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar