Sukses

TB dan Kardiomegali

03 Dec 2014, 17:14 WIB
Pria, 44 tahun.

Penyakit tb apakah bisa sembuh total? Setelah di rontgen ternyata di sertai pembengkakan jantung.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Tuberkulosis Paru (TB) dapat disembuhkan, namun hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 (pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Hasil pengobatan dapat diketahui setelah pemeriksaan dahak dan rontgen ulangan untuk mengetahui kondisi paru. Jika memang terbukti gagal maka akan dilakukan evaluasi ulang dan pemeriksaan kekebalan bakteri, untuk kemudian diobati dengan obat yang lebih kuat untuk mengatasi kuman TBC tersebut.

Pembesaran jantung atau kardiomegali adalah suatu kelainan struktur anatomis jantung, dimana ukuran jantung lebih besar dari ukuran normal. Terdapat 4 ruang pada jantung, diantaranya ruang jantung bawah (ventrikel kiri, ventrikel kanan) dan ruang jantung atas (atrium kiri, atrium kanan).

Terdapat 2 jenis kardiomegali, yaitu kardiomegali karena otot-otot jantung yang membesar/menebal (kardiomegali hipertrofi) dan kardiomegali karena ruang jantung yang melebar (kardiomegali dilatasi). Keduanya merupakan proses adaptasi jantung dalam menghadapi perubahan kondisi jantung atau adanya peningkatan beban kerja jantung.

Penyebab kardiomegali diantaranya:

  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit jantung koroner
  • Penyakit katup jantung
  • Penyakit paru kronis
  • Usia
  • Kardiomiopati
  • Penyakit tiroid.

Pada sebagian orang kardiomegali tidak menimbulkan gejala, namun jika hal ini berlangsung lama dan tidak diobati maka dapat menyebabkan gagal jantung. Gagal jantung adalah suatu kondisi dimana jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh secara maksimal. Gejalanya berupa sesak napas, kaki bengkak, dan mudah lelah saat beraktifitas, denyut nadi tidak teratur, berdebar-debar.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Paru atau Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk mendapatkan tata laksana optimal.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar