Sukses

Bengkak pada Saat Perawatan Saluran Akar Gigi

19 Dec 2014, 17:03 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat malam dok. Maaf mw tanya dok misalnya sedang melalukan perawatan saluran akar sudah 5x pertemuan dan terakhir kondisinya sudah bagus, tapi sebelum pertemuan ke-6 ternyata ada bengkak lagi pada giginya.itu penyebabnya apa? dan baiknya tindakan yang saya ambil bagaimana? trimakasih sebelum dan sesudahnya

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab bagi terjadinya pembengkakan pada daerah sekitar gigi yang sedang menjalani perawatan saluran akar, antara lain adalah adanya kebocoran mikro atau kebocoran tepi pada tambalan sementaranya sehingga menyebabkan masuknya kuman pada kavitas/lubang yang sudah steril, atau adanya jenis bakteri yang belum musnah. Biasanya dilakukan rotasi obat-obatan sterilisasi saluran akar sehingga seluruh kuman dapat dimusnahkan.

Sebaiknya Anda kembali kepada dokter gigi yang merawat Anda untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh mengenai kemungkinan penyebab terjadinya pembengkakan tersebut. Sebab bila masih ada pembengkakan, maka saluran akar belum dinyatakan steril dan perawatan saluran akar belum dapat diakhiri dengan pengisian saluran akar.

Demikian informasi yang dapat Saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar