Sukses

Flu disertai Nyeri Kepala Menjalar

12 Mar 2015, 11:16 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok,telinga saya terasa seperti kemasukan air,sejak sekitar 10hari yang lalu,seingat saya sejak saya flu,sekarang sakitnya menjalar sampai ke mata dan kepala,terlebih jika di pakai sujud kepala rasanya sakit sekali

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah ada keluhan pada telinga setelah kemasukan air? Apabila ada keluhan telinga berdengung setelah riwayat kemasukan air, dapat dikarenakan oleh berbagai macam penyebab. Terdapat kemungkinan adanya kotoran telinga atau serumen yang menumpuk, mengeras dan mengembang karena kemasukan air. Serumen yang seperti itu dapat menyebabkan keluhan telinga mendengung dan harus dibersihkan terlebih dahulu.

Selain dikarena serumen, penyebab lainnya dapat berasal dari infeksi telinga, penyakit yang berhubungan dengan syaraf telinga ataupun gangguan pada bagian gigi dan mulut serta rahang. Untuk menangani keluhan Anda, sebaiknya periksakan terlebih dahulu kondisi telinga Anda pada dokter spesialis THT. Jangan memberikan obat tetes tanpa konsultasi ataupun pemeriksaan langsung dengan dokter. Pemberian obat tetes terutama pada mereka dengan gangguan pada gendang telinga dapat berakibat fatal dan merusak fungsi pendengaran. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Mengenai keluhan Anda yaitu flu yang menjalar sampai mata dan disertai nyeri kepala, kami menduga dapat disebabkan oleh sinusitis. Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan (operasi) jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.

Namun itu merupakan dugaan awal kami, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang sesuai dengan keluhan Anda saat ini.kan alergi. Berikut kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda :

Sinusitis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar