Sukses

Haid Sedikit & Nyeri di Payudara

02 Dec 2014, 23:56 WIB
Wanita, 12 tahun.

Dok, payudara saya sering sakit , umur saya 12 tahun, apakah itu pertanda bahwa payudara saya akan membesar ? Dan satu lagi, bulan kemarin tggl 26 saya flek menstruasi , tapi sampai tanggal 5 tidak keluar darah hanya flek, besok nya flek itu tidak ada lagi hanya keputihan, itu gimana dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekahwatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang timbul pada payudara Anda, dapat disebabkan oleh beberapa hal, bisa berupa gangguan otot, saraf, tulang, infeksi payudara, atau tumor/kanker. Adakah keluhan lain yang menyertai seperti demam, bengkak dan radang di payudara, benjolan di payudara, keluar cairan dari puting?

Nyeri payudara juga dapat hilang timbul mengikuti siklus haid. Keluhan Anda perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik. Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter secara langsung untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai kesehatan payudara:

Giimana Sih, Payudara yang Normal?

3 Faktor Risiko Kanker Payudara

Koreksi Gaya Hidup Cegah Kanker

Perempuan, Waspadai Benjolan di Payudara Anda!

 

Flek Menstruasi

Seberapa sedikit kah jumlah menstruasi yang Anda maksud? Apa berupa bercak-bercak saja? Berapa kali Anda harus mengganti pembalut (penuh)? Apakah Anda berada dalam keadaan stress secara emosional?

Jumlah menstruasi yang sedikit dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Apakah Anda dalam keadaan tersebut? Coba Anda perhatikan jumlah dan lama menstruasi pada siklus mendatang.

Sebenarnya lama haid 3-5 hari tidak masalah walaupun jumlah darah yang keluar adalah sedikit. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun jika memang Anda merasa volume haid Anda sangat sedikit dibandingkan dengan biasanya, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar