Sukses

Penderita Hepatitis C

09 Apr 2015, 19:03 WIB
Pria, 36 tahun.

dok,bagaimana kita menyikapi lingkungan kerja,rumah,masyarakat,saya saat ini melaksanakan terapi selama 1 tahun...saya sakit hepatitis c harus berprilaku bagaimana?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Hepatitis C adalah peradangan pada hati yang disebabkan olhe virus hepatitis C (VHC). Infeksi virus ini dapat menyebabkan peradangan hati yang bersifat asimptomatik (tidak bergejala), apabila infeksi berlanjut akan menyebabkan sirosis hati dan kanker hati.

Infeksi virus hepatits C dapat ditularkan melalui kontak darah dengan penderita seperti misalnya melalui transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, petugas kesehatan, berganti-ganti jarum suntik pada penderita narkoba. Hingga saat ini masih kontroversial apakah virus hepatitis C dapat menular melalui cairan tubuh (seperti virus hepatitis B) melalui hubungan seksual. 

Pengobatan yang bisa dilakukan adalah penggunaan obat antivirus spektrum luas yaitu kombinasi injeksi interferon alfa dengan obat oral (diminum) ribavirin dua kali sehari.  Obat ini digunakan selama 1 sampai 2 bulan bergantung dari jenis VHC.

Tidak ada larangan bagi penderita hepatitis C untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Namun anda perlu berhati-hati untuk menghindari adanya kontak darah atau cairan tubuh lainnya kepada orang lain.

Komplikasi utama hepatitis C adalah sirosis hati dan kanker hati. Hati dan ginjal adalah dua organ yang berbeda. Yang terpenting adalah Anda melakukan pengobatan dan kontrol secara teratur ke dokter, hindari minum alkohol, dan menerapkan hidup sehat. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk terapi lebih lanjut.

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai hepatitis C melalui artikel kami di bawah ini :

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar