Sukses

Herpes Genitalis

01 May 2015, 21:56 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang Di vagina sy bag dalam muncul benjolan2 kecil dan gatal. Sbelumnya sy mmg mpunyai riwayat herpes bberapa bulan lalu. Yg sy ingin tnykan apakah herpes sy kambuh? Atau ini pnyakit lain? Dan apakah ini akan hilang dengan minum antivirus atau sy hrs kembli berkonsultasi dgn dokter ? Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Virus herpes memiliki masa inkubasi 3-5 hari, setelah itu pada daerah kemaluan akan timbul gerombolan vesikel, di atas kulit kemerahan dan dirasakan nyeri, bila pecah meninggalkan bekas. Sering disertai pembesaran kelenjar yang nyeri. Penyakit sembuh dalam 2-3 minggu. Penyakit ini tidak mengancam nyawa pada orang dewasa namun sering kumat, timbul pada tempat yang sama dan biasanya lebih ringan dari gejala infeksi pertama. Penularannya hampir selalu terjadi melalui hubungan seksual. Penyakit ini disebut dengan Herpes Simpleks.

Terapinya secara umum adalah menjaga kebersihan daerah kemaluan dan menghindari trauma atau faktor pencetus. Belum ada pengobatan yang memuaskan untuk penyakit ini.  Obat anti virus biasanya efektif dalam mengurangi frekuensi dan durasi (lamanya) timbul gejala karena infeksi HSV-2.Dan apabila anda adalah orang yang secara sexual aktif atau pasangan suami istri maka bila melakukan pengobatan harus kepada pasangan juga,tidak bisa hanya kepada ibu atau bapak saja.Karena sebagaimana kita tahu bahwa virus herpes simplex ini bisa menular melalui hubungan sexual.

 Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat.

 

salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar