Sukses

Endometriosis, Masih Dapat Hamil?
10 Dec 2014, 15:02 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dokter diagnosa saya endometrosis ringan/stadium awal. Haid teratur. Selain itu saya sudah tes HSG dan hasilnya tidak ada sumbatan. Hasil tes suami juga baik. Selama ini kami gunakan sistem kalender saja. Dengan endometrosis, apakah saya masih punya kesempatan untuk hamil? Kalau iya, apa yang harus saya lakukan?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kesuksesan terapi operasi pada penderita kista endometriosis dalam mengembalikan kesuburan tergantung pada keparahan penyakitnya. Pada penderita endometriosis ringan, terdapat kemungkinan hamil sebesar 75% dalam 1 tahun pertama setelah dilakukan operasi. Sementara kemungkinan untuk hamil akan menurun menjadi  60% pada penderita endometriosis yang sedang dan menjadi 35% pada penderita endometriosis yang berat.

Pemberian terapi hormonal dapat digunakan untuk mencegah kekambuhan endometriosis, dengan demikian akan meningkatkan kemungkinan anda untuk mendapatkan keturunan. Anda dapat mengkonsultasikan mengenai penggunaan obat ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. Selain itu, ubahlah pola hidup anda menjadi lebih sehat dengan membiasakan diri untuk hidup teratur dan selalu mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Hindarilah pikiran-pikiran buruk dan cemas yang berlebihan (stres), karena stres dapat memicu timbulnya gangguan hormonal yang akan mempersulit anda untuk mendapatkan keturunan. Dengan melakukan hal-hal diatas diharapkan dapat membantu Anda untuk mendapatkan keturunan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar