Sukses

Vitamin C dan Bekas Luka Bakar

24 Apr 2015, 11:41 WIB
Pria, 34 tahun.

putri sy usia 13 thn,vitamin c apa yg aman buat kulit utk usia tsb.,yg bisa mengurangi bekas luka bakar sejak kecil. utk pemeriksaan lbh lanjut sy hrs ke dokter mn? sekian & terima kasih dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluuarga.

Vitamin C merupakan salah satu vitamin larut air yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan, perkembangan dan proses reparasi tubuh melalui perannya dalam metabolisme kolagen. Kolagen merupakan protein yang penting bagi pembentukan kulit, tendon, ligamen dan pembuluh darah.

Vitamin atau suplemen hanya dikonsumsi apabila kebutuhan terhadap vitamin dan mineral tidak terpenuhi melalui asupan makanan sehari-hari.

Selain itu, vitamin C juga berperan dalam proses perbaikan luka pada tulang, tulang rawan dan gigi dan gusi. Beberapa sumber menyebutkan bahwa vitamin C juga berperan dalam sistem imunitas tubuh dan memiliki fungsi anti-oksidan. Namun, kedua fungsi tersebut masih merupakan objek penelitian yang terus digali oleh para ahli dan hingga kini belum tercapai satu hasil yang disepakati secara universal.

Dosis vitamin C yang dianjurkan sehari adalah 75 mg. Sedangkan dosis maksimum yang dapat ditolerir adalah 2000 mg.

Untuk melengkapi pengetahuan Anda seputar konsumsi vitamin C dosis tinggi pada tubuh, kami lampirkan tautan (link) berikut ini yang memuat informasi kesehatan tersebut:

Perlukah Asupan Suplemen Vitamin C Dosis Tinggi?

 

Sedangkan untuk Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. 

Penanganan bekas luka yang menghitam ini bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar