Sukses

Mengkonsumsi Madu Setiap Hari

01 May 2015, 22:15 WIB
Pria, 32 tahun.

Menanyakan, mengkonsumsi madu setiap hari 3 Kali dalam jangka waktu lama apakah berbahaya bagi tubuh, demikian trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Madu merupakan bahan makanan yang akrab di telinga kita. Pemanis alami ini termasuk makanan yang tinggi karbohidrat seperti fruktosa, glukosa dan oligosakarida lainnya. Meskipun demikian di dalamnya juga terdapat protein, mineral, vitamin, enzim dan antioksidan yang melimpah. Madu alami telah diteliti ternyata dapat memberikan efek kesehatan yang baik bagi manusia. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Meredakan batuk pada infeksi saluran pernapasan

Anda atau anak Anda terus menerus batuk hingga sulit tidur? Madu telah diteliti ternyata dapat membantu meringankan gejala batuk pada anak dan dewasa sehingga lebih dapat tidur pada malam hari. Namun, bayi di bawah 1 tahun tidak boleh diberikan madu karena terdapat risiko terjadinya gangguan kesehatan karena toksin botulinum yang mungkin terdapat dalam madu.

2. Menurunkan kadar lemak dalam darah

Penelitian yang dilakukan oleh Islamic Establishment for Education di Dubai menunjukkan bahwa konsumsi madu alami dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. Setelah konsumsi 75gr madu alami dalam 250mL air selama 15 hari ditemukan bahwa kadar kolesterol total, kolesterol jahat dan trigliserida menurun. Kenaikan kadar gula dalam darah juga tidak setinggi bila mengkonsumsi gula biasa dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan jika dibandingkan dengan konsumsi gula biasa.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Madu alami telah diteliti dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan meningkatkan produksi antibodi di dalam tubuh.

4. Meredakan luka iritasi ringan

Anda mengalami luka tersengat sinar matahari, atau lecet karena terjatuh? Madu dapat membantu penyembuhan luka Anda. Madu untuk mengobati luka telah digunakan sejak 2000 SM di Mesir. Setelah membersihkan luka Anda dengan baik, mencucinya dengan sabun maka Anda juga dapat mengoleskan madu alami ke bagian yang terluka. Disebutkan bahwa madu memiliki aktivitas antibakteri, anti peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu proses penyembuhan luka.

5. Meredakan peradangan kulit

Efektivitas madu sebagai anti peradangan telah diteliti pada bayi-bayi yang mengalami ruam popok. Bayi-bayi yang mengalami ruam popok ditemukan mengalami perbaikan gejala setelah dioleskan obat oles yang mengandung madu, minyak zaitun dan beeswax selama 7 hari. Baru-baru ini, efek antiperadangan dari madu juga tengah dilirik untuk meredakan rasa gatal dan peradangan karena gigitan serangga seperti nyamuk.

Tidak ada laraangan untuk mengkonsumsi madu setiap hari, asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Konsumsilah dalam jumlah yang cukup yaitu di antara 50-80 gram sehari. Pilihlah madu alami dan dalam jumlah yang tepat serta secukupnya untuk manfaat kesehatan yang baik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar