Sukses

Obat Aman Untuk Diabetes

05 Dec 2014, 11:48 WIB
Pria, 44 tahun.

Untuk diabetes 220 (tdk puasa), obat yg cocok yg mana yaa? Spy aman bagi organ...... Sy sdh konsumsi Glumin XR, apakah ini sdh aman ?? Trmksh

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak yang terhormat.
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Kami memahami kekhawatiran Anda. Sudah berapa lamakah Anda mengonsumsi Glumin XR? Apakah terdapat obat lain yang dikonsumsi seperti obat hipertensi? Pemberian jenis obat untuk diabetes bervariasi pada setiap individu bergantung pada sensitivitas tubuh terhadap insulin, usia, adakah penggunaan obat lain, kontrol gula darah, dan sebagainya. 

Izinkan saya menjelaskan sedikit mengenai kontrol gula darah. Secara menyeluruh, selain obat minum, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan secara berkesinambungan dalam mengontrol kadar gula darah baik puasa maupun sewaktu:
 
1. Perencanaan makan yang sehat. Bagaimana dengan diet Anda? apakah Anda sudah memiliki perencanaan makan sendiri?

Hal yang pertama perlu diingat adalah pembatasan kalori. Sesuaikan jumlah asupan makanan dan minuman Anda dengan jumlah kalori yang dibutuhkan per hari. Makanan dianjurkan seimbang dengan komposisi energi dari karbohidrat 45-65%, protein 10-15%, dan lemak 20-25% .

Selain itu, cobalah mencatat apa saja makanan yang Anda konsumsi dalam sebuah catatan harian atau jurnal, untuk melihat adakah pengaruh dari makanan tertentu terhadap glukosa darah Anda, sehingga Anda memiliki referensi makanan yang lengkap dan memudahkan Anda dalam memilih menu di kemudian hari.


2. Aktivitas fisik atau olahraga. Aktivitas fisik maupun olahraga ringan dapat membantu tubuh memetabolisme glukosa dengan efektif sehingga kadarnya terjaga. Contohnya adalah kegiatan rumah tangga, berjalan kaki 30 menit sehari 3 kali seminggu, dan sebagainya.

3. Menjaga berat badan ideal. Pada kategori Indeks Massa Tubuh manakah Anda?

4. Obat anti diabetik oral atau terapi insulin. 

Saat ini terdapat 6 golongan obat anti-diabetik oral:

  • Biguanide (metformin)
  • Sulfonylurea (glimepiride)
  • Meglitinide (repaglinide)
  • Thiazolidinedione (pioglitazone)
  • Dipeptidyl peptidase IV inhibitor (sitagliptin)
  • α-glucosidase inhibitor (acarbose)
Glumin XR mengandung Metformin, yang merupakan golongan Biguanide yang bekerja meningkatkan sensitivitas insulin, dan menjaga agar liver tidak mengeluarkan terlalu banyak glukosa ke dalam darah. Metformin juga membutuhkan waktu lebih lama untuk memberikan efek, dan perlu konsumsi teratur sesuai dosis sembari melakukan ketiga hal di atas. Efek samping yang pernah dilaporkan antara lain gangguan pencernaan, asidosis laktat, namun sangat jarang terdapat efek samping ke organ lain. Kami menyarankan Anda untuk meneruskan obat tersebut sesuai dosis dan frekuensi yang dianjurkan oleh dokter Anda. Rentang gula darah dapat berbeda untuk setiap orang dan dapat berubah sepanjang harinya. Dokter Anda akan memberitahukan rentang yang baik untuk Anda. Jika gula darah Anda kurang dari 70 mg / dl atau lebih dari 180 mg / dl selama tiga hari berturut-turut, segara hubungi dokter Anda.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam,
 
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar