Sukses

Hipertensi, Maag, Batu Empedu, Stroke Ringan

01 May 2015, 22:19 WIB
Wanita, 60 tahun.

Pagi Dokter, Saya ingin bertanya, mengenai sakit yang diderita ibu saya. Perempuan usia 60 tahun, BB 68Kg, TB 150cm. Ibu saya saat ini sudah sakit selama 1 tahun lebih dan sakit terakhir ini adalah asam lambung / maag. Sebelumnya ketika masih bugar ibu saya sudah diwanti oleh dokter bahwa punya sakit darah tinggi / hipertensi dan memiliki batu empedu. Kronologis sakit yang hingga kini adalah sbb. saat itu tahun 2013 masih sehat ibu saya makan siang, ibu saya sebenarnya tergolong orang yang sangat kuat menjaga makanan yang menjadi pantangan oleh orang hipertensi. Namun, siang itu ibu saya mencoba 'sekali-sekali' makan ikan asin sedikit, dan makan roti durian. lalu ibu saya tidur siang dan ketika bangun ibu saya merasakan lemas yang luar biasa. Kemudian dibawa oleh bapak saya ke RS Pertamina Balikpapan bahwa didiagnosa oleh dokter adalah stroke ringan, lalu dilakukanlah perawatan pasien stroke di ruang stroke, dll. Tak lama setelah itu dirasa oleh Ibu mungkin karena obat yang sangat kuat kadarnya ibu saya justru merasa sakit diperut, dan diperiksa oleh dokter internis bahwa dugaanya adalah karena ada batu empedu tersebut. Kemudian dilakukan operasi pengangkatan batu empedu, setelah itu sambil dilakukan pengobatan rupanya sakit perutnya masih terasa. Dan dilakukan opini kedua di RS Restu Ibu dan RSU Balikpapan bahwa ibu saya menderita sakit maag / produksi asam lambung yang tinggi. Dilakukan endoskopi namun hasilnya bagus saja. bahkan dilakukan pengobatan dengan bolak balik opname di RS tetap saja ibu saya seperti tidak sembuh-sembuh. Bahkan menurut dokter seharusnya ibu saya sudah sembuh. Namun saat ini yang dirasakan oleh ibu saya dan diperhatikan oleh kami adalah Ibu saya sakitnya berjeda. seperti bila sakit bisa sampai satu hari lalu segar selama 1-2 hari namun satu hari sakit lagi, lalu bugar lagi, lalu sakit lagi, dst. Seperti tidak sembuh-sembuh. Kami kasihan lihat ibu yang bisa sakit sampai selama satu hari penuh. Reaksi saat ini adalah dirasakan dingin yang berlebih dan sering sakit kepala dibagian kanan kepala di atas alis sebelah kanan. Saat ini obat yang dikonsumsi yang tidak pernah lepas adalah obat hipertensi, obat tidur, obat maag, dan obat saraf yang tidak lagi diminum. Demikian yang saya tanyakan, mudah-mudahan dokter dapat memberikan saran dan masukan atas sakit yang diderita oleh Ibu kami selama satu setengah tahun ini. Demikian, Terima Kasih dan Salam, Dede Hambali

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sayang sekali Kami tidak dapat memberikan suatu kepastian diagnosa tanpa adanya wawancara medis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang yang dilakukan secara langsung. Tidak banyak yang dapat kami sampaikan hanya berdasarkan informasi terbatas.

Saran Kami sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda mengenai kondisi Anda saat ini, apa kemungkinan penyebabnya, apa langkah selanjutnya yang harus Anda ambil, dan bagaimana konsekuensinya bila Anda menolak saran tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar