Sukses

Apakah Penyakit Meniere Bisa Disembuhkan?

01 May 2015, 22:24 WIB
Wanita, 47 tahun.

dok, apakah penyakit meniere bisa disembuhkan, bagaimana cara pengobatannya, apakah dengan terapi atau makan obat. tks

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sayang sekali Belum ada obat untuk mengobati penyakit meniere, namun dapat mengontrol gejala-gejala yang terjadi. Gejala-gejala utama penyakit Meniere adalah vertigo, gangguan pada pendengaran, tinitus (suara berdengung pada telinga), dan sensasi rasa penuh dalam telinga. Tingkat keparahan, frekuensi dan lama kambuhnya penyakit ini berbeda-beda pada setiap penderitanya.

Pengobatan yang dapat diberikan pada penderita meniere tergantung dari gejala yang ditimbulkan.  Untuk gejala vertigo, bisa ditangani dengan obat antimual seperti promethazine. Untuk mengurangi sensasi seperti lingkungan serasa berputar-putar, berikan meclozine atau diazepam. Meclozine dan diazepam juga dapat mengurasi rasa mual. Steroid juga dapat mengurangi gejala penyakit ini. Steroid seperti dexamethasone bisa disuntukkan ke telinga bagian tengah. Untuk menjaga keseimbangan cairan di telinga, obat diuretik bisa dikonsumsi. Konsultasikan dengan dokter mengenai konsumsi obat diuretik untuk penyakit Meniere. Alat bantu dengar juga bisa digunakan untuk memaksimalkan pendengaran pasien.

Untuk itu, anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf dan/atau spesialis THT untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar