Sukses

Asupan Susu Pada Anak

03 Dec 2014, 17:15 WIB
Wanita, 25 tahun.

Bayi saya umur 11 bulan 4 hari lg, udh beberapa hari ini kok setiap hbs minum susu atau sementara minum susu dia selalu BAB, tidak mencret tp tidak keras jg. Kira2 itu disebabkan oleh apa yaa ? Terima kasih.

 

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebenarnya tidak ada masalah jika Anak BAB saat minum susu selama Anak tidak mencret ibu, dan jumlah susu yang dikonsumsi cukup. Selain itu, apakah saat ini anak Anda masih ASI eksklusif ataukah sudah didampingi dengan MPASI? Pemberian makanan pendamping ASI  atau MPASI seperti buah-buahan dan makanan cair/lunak dapat diberikan pada anak berusia 6 bulan ke atas secara bertahap. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan organ pencernaan seperti gerakan lidah dan langit-langit serta sistem pencernaan anak yang masih belum sempurna, sehingga pemberian makanan lunak hingga padat sebelum waktunya ditakutkan dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada anak Anda. 

Pada dasarnya, anak-anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan kalori yang mencukupi. Kebutuhan akan sayur dan buah juga penting untuk asupan vitamin dan mineral. Hingga usia 10 tahun, anak-anak membutuhkan 100 kalori setiap kilogram berat badannya. Bila anak Anda cukup aktif (sering berlari-lari, bermain) maka membutuhkan tambahan sekitar 400 kalori lagi. Hal ini dapat dipenuhi dengan porsi makan 3x sehari dengan takaran 1 piring nasi dengan jumlah nasi yang cukup besar, jumlah lauk yang cukup besar dan sayur. Di sela-sela jadwal makan 3x sehari dapat diberikan camilan seperti bubur kacang hijau, puding buah, kue. Dengan demikian kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi. Bagaimana jadwal MPASI anak Anda? 

Untuk panduan informasi lengkap Anda mengenai tumbuh kembang anak, Anda dapat mengunjungi Rubrik Tumbuh Kembang yang kami miliki. Kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak Anda untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengakses artikel-artikel berikut ini:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam, 

 

Tim Redaksi KlikDokter.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar