Sukses

Bercak Cokelat pada Celana Dalam

30 Nov 2014, 18:17 WIB
Wanita, 14 tahun.

Dok, anak saya usia 14th dengan berat badan 55kg dan tinggi badan 165cm seorang atlit renang dengan porsi latihan teratur setiap hari. Kurang lebih 3 minggu ini sering terdapat bercak coklat di celana dalamnya. Tidak berbau. Apakah ini normal ? Bagaimana cara mengatasi hal ini? Apakah ini merupakan gejala penyakit tertentu? Terima kasih

Ibu yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Salam kami untuk puteri Anda. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan. Apakah puteri Anda sudah datang haid? Apakah selama ini siklus haidnya teratur, berapa hari lamanya? Apakah haid datang sesuai jadwal biasanya? Sebelum haid, adakah kegiatan lain yang dilakukan (bekerja dengan jadwal yang lebih padat daripada biasanya, sering terlambat makan, sedikit beristirahat, dll)? Adakah obat-obatan yang dikonsumsi sebelumnya?

 

Keluhan bercak cokelat pada celana dalam dapat merupakan flek-flek yang disebut dengan spotting. Ada banyak penyebab spotting, yaitu:

  1. Kehamilan atau kehamilan ektopik

  2. Penggunaan kontrasepsi oral

  3. Ketidakseimbangan hormon

  4. Infeksi

  5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah)

  6. Polip serviks

  7. Kanker serviks

  8. Dysfunctional uterine bleeding

  9. Endometriosis, adenomyosis

  10. Hiperplasia endometrial

  11. Pelvic inflammatory disease

 

Untuk mengetahui masalah yang mungkin terjadi, coba untuk mengingat siklus haid dalam 3 bulan terakhir ini dan aktivitas tertentu yang tidak seperti biasanya sebelum siklus haid saat ini. Adakah yang tidak normal atau lain dari biasanya? 

 

Untuk menentukan penyebab, kami sarankan untuk mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan langsung dan wawancara medis yang mendetil sehingga puteri Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal segera.

 

Semoga keluhan puteri Anda segera teratasi!

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar