Sukses

Kantong Kehamilan Belum Terlihat di USG
04 Dec 2014, 08:41 WIB
Wanita, 25 tahun.

Sore Dokter, saya mau tanya mengapa pada saat USG tanda kehamilan bisa tdk kelihatan ( rahim kosong )? Pdhl jika dlht dr haid saya ( trakhir tgl 9 okt s/d skrng sudah tdk haid ), usia kandungan bisa d katakan 1 bulan dr tgl tsb dan pd saat d tes kencing hasilnya positif. Sehingga sy diberi resep oleh dokter utrogestan 1000mg dan folavit. Apa manfaat dr obat tsb? Mohon pnjlssnnya dan sarannya ya Dok. Terimakasih

Ibu yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Dengan USG umumnya sudah bisa dilihat adanya kantung kehamilan ('gestational sac') di rongga rahim berupa gambaran bulat hitam berbatas tegas. Diameter kantung kehamilan besarnya tergantung usia hamil. Sedangkan bakal janin ('fetal echo') di dalam kantung kehamilan belum tampak. Biasanya baru tampak pd usia hamil di atas 6 minggu.

 

Pada usia hamil 4-5 minggu kadang-kadang juga sudah tampak bulatan hitam menyerupai kantung kehamilan tetapi masih sangat kecil, terutama jika siklus haid yang lebih dari 28 minggu. Mungkin kantung kehamilan yang masih kecil ini belum tampak dalam pemeriksaan USG. Sebaiknya ulang sekitar 2-4 minggu setelah USG pertama untuk memantau perkembangan kehamilannya.

 

Folavit berisi asam folat sedangkan utrogestan berisi progesteron. Asam folat adalah untuk nutrisi kehamilan dan progesteron dimaksudkan untuk menjaga kehamilan jika memang terjadi kehamilan. Komunikasikan dan diskusikan kembali dengan dokter Anda mengenai kondisi dan pengobatan yang Anda dapatkan karena dokter Anda merupakan yang paling mengerti kondisi Anda saat ini.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar