Sukses

Penyebab Kepala Keleyengan

04 Dec 2014, 08:30 WIB
Pria, 31 tahun.

Kpla sya ska mndadak kleyengan smpai kMata & kpla sprti greyeuman, apa yg hrs sya priksakan?

 

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan e-konsultasi KlikDokter.
 

Halo! Kami memahami kekhawatiran Anda. 

 

Perlu diketahui bahwa pusing dan sakit kepala merupakan 2 keluhan yang berbeda. Pusing lebih mengarah pada keluhan ""keliyengan"", sedangkan sakit kepala merupakan keluhan sakit pada kepala dengan intensitas, lokasi dan sifat yang beragam. Untuk itu, terlebih dahulu perlu diperjelas apakah keluhan Anda termasuk pusing atau sakit kepala?

Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan  tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui terjadi lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sudah berapa lama keluhan sakit kepala Anda rasakan? Kapan saja keluhan Anda muncul? Bagaimana sifat sakit kepala Anda?

  1. Apakah sakit kepala di seluruh bagian kepala atau hanya sebelah atau hanya bagian tertentu?
  2. Bagaimana sifatnya? (nyeri tumpul, berdenyut, berputar)
  3. Apakah mata merah?

Yang sebaiknya Anda lakukan apabila sakit kepala datang menyerang adalah istirahat, minum obat pereda rasa sakit/analgetik. Apabila dengan obat pereda rasa nyeri, sakit kepala tidak berkurang atau justru frekuensinya semakin meningkat maka kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter karena dikhawatirkan ada penyebab lain dari sakit kepala tersebut. Dokter akan melakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan berdasarkan hasil wawancara medis dan pemeriksaan fisik.

 

Untuk informasi lengkap Anda, kami sertakan artikel:

Sakit Kepala

 

Semoga keluhan Anda segera teratasi!

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar