Sukses

Perdarahan Pada Masa Kehamilan

03 Dec 2014, 13:41 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok,apakah efek USG TRANS VAGINA itu dapat menyebabkan pendarahan yang membahayakan kandungan saya(usia 8mggu?Karena saya mengalami nya dan darahnya lebih segar dan banyak daripada flek yang saya alami sebelum melakukan USG tsb.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pemeriksaan USG transvaginal (melalui vagina) merupakan pemeriksaan yang biasa dilakukan pada kehamilan. Pemeriksaan ini lebih baik daripada USG abdominal (melalui perut) pada awal-awal kehamilan (10 minggu), pada ibu dengan berat badan berlebih (obesitas), atau pada ibu hamil yang arah rahimnya ke belakang. Adanya kehamilan di luar rahim, ataupun abnormalitas pada janin juga dapat dilihat lebih jelas dengan pemeriksaan ini. Sedangkan pada triwulan kedua, USG transvaginal juga berperan dalam mendiagnosis anomali atau kelainan kongenital. Pemeriksaan ultrasonografi pada dasarnya tidak berbahaya pada ibu maupun janin. Namun, sebaiknya juga tidak dilakukan terlalu sering. Penelitian pada tikus menunjukkan pemeriksaan ini mempengaruhi migrasi neuron (sel saraf otak). Pada janin manusia efek samping pemeriksaan ultrasonografi belum jelas. Namun, The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan pemeriksaan ini hanya dilakukan bila ada indikasi medis pada ibu hamil dengan risiko rendah.

Perdarahan per vaginam pada seorang wanita dapat disebabkan oleh banyak hal yang harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan penunjang yang sesuai. Penting untuk diketahui bahwa semua bentuk perdarahan yang keluar dari kemaluan wanita (vagina) yang sedang dalam kondisi hamil perlu mendapatkan perhatian lebih. Keluarnya darah saat hamil merupakan salah satu tanda waspada terjadinya gangguan pada rahim atau keguguran yang dalam dunia medis disebut sebagai abortus imminens.

Namun, memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  • Keguguran 
  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang
  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri
  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Segeralah ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar Anda mengetahui diagnosa dari kondisi yang Anda alami, serta mendapatkan penanganan yang sesuai.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang berkaitan dengan kondisi Anda:

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar