Sukses

Ptyriasis Lichenoides Chronica (PLC)

30 Nov 2014, 21:14 WIB
Pria, 23 tahun.

apakah penyakit kulit PLC bisa disembuhkan? saya sudah berobat hampir 2 tahun tapi tidak sembuh juga. penyakit ini sudah saya punya sejak 10 tahun yg lalu. sungguh cobaan yang berat bagi saya terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pityriasis lichenoides adalah kelainan kulit langka yang memang tidak diketahui sebabnya. Gejala berupa papul dan plak akan hilang-timbul secara spontan selama bertahun-tahun serta memiliki angka kekambuhan yang cukup tinggi.

Terdapat 3 jenis pityriasis lichenoides di dalam dunia medis:

  • Akut -  biasanya menyerang anak-anak dalam durasi pendek, disebut sebagai pityriasis lichenoides et varioliformis acuta (PLEVA)
  • Kronis – disebut sebagai ptyriasis lichenoides chronica (PLC)
  • PLEVA tipe ulceronecrotic febrile (sangat langka).

 

PLC biasanya timbul di batang tubuh, bokong, lengan, kaki, tangan, muka dan kulit kepala. Lesi muncul diawali dengan bentukan papul bewarna merah mudah yang berubah menjadi merah kecoklatan. Biasanya di tengah lesi ditemukan lapisan seperti plastik mika yang dapat dikelupas sehingga kulit lesi terlihat mengkilat, dengan warna permukaan merah muda kecoklatan. Setelah beberapa minggu, bercak ini akan menghilang secara spontan dan meninggalkan bekas kecoklatan yang akan pudar selama beberapa bulan. Berbagai bentuk lesi dapat muncul secara variatif secara bersamaan. Tidak seperti PLEVA, PLC tidak nyeri, gatal atau iritatif.

 

PLC banyak mengenai dewasa muda di bawah usia 30 tahun, dan mayoritas penderitanya adalah pria. Hingga kini, penyebab serta latar belakang penyakit masih belum diketahui. Hipotesa sementara ada tiga, yaitu :

  • Reaksi inflamasi yang dipicu oleh infeksi Toxoplasma gondii, Epstein-Barr, HIV, cytomegalovirus, parvovirus, Staphylococcus aureus dan streptococcus beta hemoliticus grup A
  • Bentuk jinak dari kelainan T-cell lymphoproliferative
  • Hipersitivitas vaskulitis yang dimediasi oleh kompleks imun.

Seperti dijelaskan sebelumnya, penyakit ini akan hilang dan timbul secara spontan meskipun penderita tidak menjalani langkah terapi apapun. Namun jika diperlukan, biasanya Dokter akan memberikan beberapa pilihan tata laksana sebagai berikut :

  • Steroid topikal untuk meredakan iritasi
  • Penambah sistim imun topikal
  • Antibiotik oral
  • Fototerapi – PUVA dan UVB ditambah psoralen ; sinar matahari pun juga ditengarai membantu pemulihan, namun hati-hati jangan sampai kulit Anda terbakar
  • Monoterapi menggunakan UVB
  • Untuk kasus resisten, dapat digunakan obat-obatan oral seperti steroid, acitretin, dapsone, atau ciclosporin
  • Pengobatan agresif dengan obat penekan sistim imun dan atau penambah sistim imun dengan pengawasan intensif direkomendasikan untuk penderita febrile ulcernonecrotic PLEVA
  • Obat-obatan jenis TNF-Alpha inhibitor.

Secara umum, penyakit ini biasanya akan berlangsung lebih lama pada anak-anak dan memiliki angka pemulihan secara spontan yang cukup tinggi. Durasi pemulihan dapat berlangsung berbulan-bulan dan terkadang hingga tahunan. Perlu diingat penyakit ini dapat kambuh kapan saja.

Kami sarankan Anda untuk tetap konsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin agar dapat dilakukan evaluasi dan mendapatkan tata laksana terbaik dari kondisi yang ada. Jangan berkecil hati ataupun merasa rendah diri, karena setiap individu di dunia ini adalah sebuah pribadi yang unik. Galilah potensi diri Anda dan jangan biarkan penyakit ini menghambat Anda untuk bekarya.

Tetap semangat dan semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar