Sukses

Kulit Kering dan Pecah-pecah

30 Nov 2014, 17:10 WIB
Pria, 17 tahun.

Maaf Dok, Mau tanya ini kenapa ya muncul ruam ruam di kulit saya apa bila pecah dan kering menjadi seperti pecah pecah/kapalan ? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Dimanakah keluhan ini muncul di tubuh Anda? Apakah di telapak kaki? Atau di bagian lain?

Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk melakukan pemeriksaan fisik, karena sebenarnya untuk kelainan kulit, adalah penting untuk melakukan pemeriksaan dengan melihat langsung. Keluhan yang Anda utarakan dapat disebabkan oleh alergi, infeksi jamur atau sebab lain yang penanganan masing-masing sangat berbeda. Untuk itu, kami sarankan Anda untuk mengunjungi Dokter agar dilakukan pemeriksaan langsung sehingga kondisi Anda dapat segera terdiagnosis dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Apabila terjadi di telapak kaki, kapalan disebut juga clavus. Clavus merupakan penebalan kulit karena adanya tekanan dan gaya gesek yang intermiten, umumnya ditemukan pada telapak kaki. Penebalan kulit ini dapat menimbulkan rasa nyeri, dan pada situasi tertentu bisa menyebabkan ulkus. Tekanan atau gesekan berulang tersebut dapat disebabkan oleh cara berjalan serta jenis sepatu yang dipakai. Apakah Anda menggunakan sepatu yang agak sempit dengan bahan yang keras (seperti kulit)? Jika ya, sebaiknya Anda menggunakan sepatu yang lebih nyaman, yang berukuran sedikit lebih besar.

Untuk mengurangi benjolan yang ada dapat digunakan obat-obat tertentu yang bersifat keratolitik, seperti asam salisilat. Di pasaran tersedia juga plester yang mengandung asam salisilat. Sedangkan untuk mengurangi friksi atau gesekan yang ada bisa digunakan bantalan pada sepatu.

Jika dengan cara-cara ini nyeri tetap tidak berkurang dan benjolan dirasa mengganggu, maka perlu dilakukan operasi kecil karena artinya penebalan sudah cukup tebal dan dalam. Anda dapat mengunjungi dokter untuk tindakan bedah minor ini sehingga keluhan Anda dapat segera diatasi.

Kami sertakan artikel:

Cara Mengatasi Kapalan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar