Sukses

Tenggorokan Banyak Lendir

29 Nov 2014, 18:17 WIB
Wanita, 20 tahun.

Ibu saya yang berumur 50 tahun sering kali mengeluhkan tenggorokannya berlendir. Apakah penyebab dari tenggorakan yang berlendir tersebut dok. Ibu saya sudah mengalami hal ini selama kurang lebih 2 tahun belakangan. Terimaksih

Terimakasih karena Anda telah memilih untuk menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Apakah ada gejala lain seperti batuk, sesak napas, nyeri dada, penurunan berat badan, batuk darah, demam, pilek? Apakah ibu Anda memiliki riwayat alergi?

Dahak biasanya diproduksi oleh tubuh misalnya ada infeksi, ada alergi, ada penggunaan berlebih dari suara, dsb. Dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas dan dapat sangat mengganggu. Karena itu, untuk mengatasi dahak dilakukan dengan mengeluarkan dahaknya. Dahak yang terus menerus ada bisa disebabkan oleh karena proses alergi, ataupun penyakit post nasal drip. 

Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. 

Namun mengingat keluhan ibu Anda sudah hampir 2 tahun bisa jadi disebabkan oleh alergi. Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Sebab untuk kasus Anda sepertinya dibutuhkan pemeriksaan fisik lengkap dan juga pemeriksaan penunjang. 

Kami lampirkan sebuah artikel untuk Anda baca terkait batuk berdahak:

Jangan Anggap Sepele Batuk Berdahak

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar